Khotbah DIPELIHARA TUHAN ULANGAN 11:12

 


Ulangan 11:11-13 — “ Tetapi negeri, kemana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit; suatu negeri yang DIPELIHARA OLEH TUHAN, ALLAHmu: MATA TUHAN, ALLAHmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun. Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu MENGASIHI TUHAN, ALLAHmu, dan BERIBADAH KEPADA-NYA dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.”


Ayat ini dengan jelas mengatakan bahwa dari awal sampai akhir tahun TUHAN ALLAH MEMELIHARA DAN MENGAWASI kita. Keadaan-keadaan yang muncul sekarang ini membuat banyak orang menjadi takut. Seorang prajurit yang menjadi takut ketika masuk ke medan perang padahal dia belum berperang maka dia sudah kalah lebih dulu.

Kata “jangan takut” setiap hari ada buat kita dan ini merupakan JAMINAN TUHAN bagi kita. Negeri yang akan diduduki oleh bangsa Israel merupakan negeri yang DIPELIHARA OLEH TUHAN sebab DIA ADALAH PENCIPTA. Itu sebabnya percayalah bahwa tahun hidup kita ada dalam PEMELIHARAAN TUHAN.

Kata “dipelihara” mengandung beberapa arti yaitu: menjaga dan merawat serta menjaga dan mendidik. Jadi ALLAH itu MENJAGA, MERAWAT SERTA MENDIDIK kita. Apa yang FIRMAN TUHAN sampaikan harus kita yakini sebab iman itu timbul dari pendengaran FIRMAN TUHAN, Roma 10:17 — “ Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh FIRMAN KRISTUS."

Kita disebut orang beriman karena kita mendengar dan melakukan FIRMAN ALLAH, sebab iman tanpa perbuatan adalah kosong. Ulangan 11:13, Yang TUHAN MINTA dari kita adalah kita BERIBADAH KEPADA-NYA dengan segenap hati dan segenap jiwa. Artinya, pikiran, perasaan dan kehendak kita hanyalah untuk TUHAN. Jika ini kita lakukan maka hidup kita DIPELIHARA OLEH TUHAN, Ulangan 11:12
Dipelihara mengandung arti dijaga dan dirawat. “Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. IA takkan membiarkan kakimu goyah, PENJAGAmu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur PENJAGA Israel." Mazmur 121:2-4
Kita harus mulai mengimani ayat ini sebab pemelihara kita adalah ALLAH YANG LUAR BIASA. TUHAN bukan hanya menjaga kita tapi TUHAN JUGA MERAWAT kita.

Orang Samaria yang murah hati ini berbicara tentang TUHAN YESUS KRISTUS yang merawat dan menggendong kita, Lukas 10:33-35 — “ Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kau belanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali."

"Sungguh, hatinya MELEKAT KEPADA-KU, maka AKU AKAN MELUPUTKANNYA, AKU AKAN MEMBENTENGINYA, sebab ia MENGENAL NAMA-KU. Bila ia BERSERU KEPADA-KU, AKU AKAN MENJAWAB, AKU AKAN MENYERTAI dia dalam kesesakan, AKU AKAN MELUPUTKANNYA DAN MEMULIAKANNYA. Dengan panjang umur AKAN KUKENYANGKAN dia, dan AKAN KUPERLIHATKAN kepadanya KESELAMATAN DARI PADA-KU." Mazmur 91:14-16
Kepada orang-orang yang hatinya MELEKAT KEPADA TUHAN maka JANJI TUHAN bahwa TUHAN AKAN LUPUTKAN DAN MEMBENTENGINYA. Kemudian ada jawaban doa ketika kita BERSERU KEPADA-NYA bahkan ada PENYERTAAN TUHAN dalam kesesakan, TUHAN MELUPUTKAN DAN MEMULIAKANNYA. Ada panjang umur dan keselamatan yang TUHAN BERIKAN bagi kita. TUHAN selalu serius dengan JANJI-NYA sehingga TUHAN PASTI MENEPATI-NYA.

Dipelihara juga mengandung arti DIJAGA DAN DIDIDIK OLEH ALLAH, Amsal 3:11 — “ Hai anakku, janganlah engkau menolak DIDIKAN TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan PERINGATAN-NYA."
DIDIKAN ALLAH itu kita perlukan dalam hidup ini dan bila ALLAH MEMBERIKAN DIDIKAN kepada kita, itu sama seperti seorang bapa kepada anaknya, 2 Timotius 3:16 — “ Segala tulisan yang DIILHAMKAN ALLAH memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran."

Alkitab mencatat bahwa FIRMAN TUHAN itu bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Mendidik dan mengajar itu merupakan proses dan prosesnya dengan berbagai cara. Pertanyaannya adalah apakah FIRMAN TUHAN itu bacaan kita setiap hari ?
Dengan kita mengerti FIRMAN TUHAN, iman kita bertumbuh. Jangan pernah menyebut orang beriman jika tidak ada FIRMAN TUHAN dalam hidupnya. Dan orang yang beriman, hidupnya harus sesuai dengan FIRMAN yang dia imani.

"Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya." Ulangan 32:11
Tidak selamanya anak-anak rajawali dipelihara atau tinggal dalam sarang. Saat rajawali dewasa melihat bahwa anak-anaknya sudah tumbuh sayap, lengkap semuanya maka disinilah pengajaran dimulai. Dia akan letakkan anak-anaknya di atas punggungnya, dia terbang kemudian dengan sengaja dia akan menjatuhkan anak-anaknya, namun dengan cepat dia akan menyelamatkan mereka dengan mencengkeram dan membawa mereka kembali ke atas.
Seringkali kita alami hal yang sama, seolah-olah kita merasa DITINGGALKAN OLEH TUHAN, namun ingatlah TUHAN SEDANG MENGAJAR kita untuk bisa terbang sendiri.
"JAWAB YESUS : "Katamu: jika ENGKAU DAPAT ? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" Markus 9:23Tidak ada yang mustahil bagi orang percaya. Ada saatnya kita harus terbang sendiri, bertindak dengan iman kita kepada FIRMAN-NYA.
"Dan lagi AKU BERKATA kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apa pun juga, permintaan mereka itu akan DIKABULKAN OLEH BAPA-KU YANG DI SORGA." Matius 18:19. Jika dua orang sepakat berdoa, maka doa itu akan DIJAWAB OLEH BAPA-KU YANG DI SORGA. Dari setiap persoalan ALLAH INGIN MENGAJAR kita supaya kita memiliki iman, sehingga waktu kita bertindak maka terjadi ketidak-mustahilan itu bagi kita. Inilah MAKSUD TUHAN MENGAJAR DAN MENDIDIK kita.
Ada saatnya kita berada di tempat gersang, tapi ingatlah kita DIAWASI ALLAH seperti BIJI MATA-NYA, Ulangan 32:10-12 — "DIDAPATI-NYA dia di suatu negeri, di padang gurun, di tengah-tengah ketandusan dan auman padang belantara. DIKELILINGI-NYA dia dan DIAWASI-NYA, DIJAGA-NYA sebagai BIJI MATA-NYA. Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya, demikianlah TUHAN SENDIRI MENUNTUN dia, dan tidak ada allah asing menyertai dia."

Ulangan 11:12, Dalam segala musim hidup kita TUHAN YESUS KRISTUS ADA MENJAGA, MEMELIHARA DAN MENGAWASI hidup kita. TUHAN YESUS YANG AKAN MEMAMPUKAN kita melewati setiap tantangan dalam hidup ini, membawa kita terbang lebih tinggi sebab YESUS KRISTUS ADALAH ALLAH YANG LUAR BIASA. Kita adalah MILIK KRISTUS YESUS TUHAN yang begitu BERHARGA DI MATA TUHAN, itu sebabnya percayalah bahwa KASIH SETIA YESUS KRISTUS TUHAN, PEMELIHARAAN TUHAN selalu ada menyertai kita. Tetaplah kuat di dalam TUHAN, Amin...

Comments