TUHAN GANTI PAKAIANMU DENGAN PAKIAN PESTA Kejadian 3:9-10

 


Kejadian 3:9-10  — “ Tetapi TUHAN ALLAH MEMANGGIL manusia itu dan BERFIRMAN kepadanya: "Di manakah engkau?" Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa ENGKAU ADA dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

Pada awalnya HUBUNGAN ALLAH dengan manusia itu baik adanya, tetapi pada ayat ini ada satu situasi yang berbeda yang kita lihat dimana ketika mereka mendengar bunyi LANGKAH TUHAN yang berjalan-jalan dalam taman tersebut pada waktu hari sejuk, maka yang manusia ini lakukan adalah mereka bersembunyi terhadap TUHAN.

Ada pelanggaran yang cukup fatal yang telah dilakukan oleh manusia bersama isterinya yang menyebabkan mereka menjadi takut. Isteri dari manusia ini menjamah, mengambil dan makan buah dari pohon yang dilarang oleh TUHAN dan kemudian memberikannya kepada suaminya, pohon itu adalah pohon pengetahuan baik dan jahat, Kejadian 3:6-7 — “ Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya. Maka terbukalah mata mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat."

Mata Adam dan Hawa kemudian terbuka dan mereka sadar bahwa mereka telanjang. Ketelanjangan ini juga terjadi pada Umat-umat TUHAN yang ada di akhir zaman ini karena pengajaran-pengajaran yang mengaplikasikan kekristenan atau kerohanian dengan penalaran dan kekuatan daya pikir manusia.

"Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu." Kejadian 2:25
Dalam ayat ini dikatakan bahwa manusia bersama isterinya ini telanjang namun mereka tidak merasa malu. Tetapi dalam Kejadian 3:7 FIRMAN TUHAN berkata bahwa mereka merasa malu dengan ketelanjangan mereka sehingga mereka berusaha sendiri untuk menutupi ketelanjangan mereka.

Apa yang mereka lakukan ?
Mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat. Hari-hari ini gereja mulai menelanjangi dirinya sendiri sehingga tidak elok di PEMANDANGAN TUHAN. Pakaian kekristenan harus ada dalam hidup orang percaya karena merupakan identitas kita yang begitu penting untuk menunjukkan kepada dunia ini bahwa KRISTUS YESUS TUHAN adalah hidup kita.

Bicara tentang pakaian maka dalam perjanjian lama bisa kita lihat bahwa semuanya itu diatur oleh TUHAN menjadi satu ketetapan karena TUHAN tahu bahwa manusia sudah jatuh dalam dosa.

"Dan TUHAN ALLAH MEMBUAT pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka." Kejadian 3:21

ALLAH kemudian bertindak dengan membuat baju dari kulit binatang untuk Adam dan Hawa lalu mengenakannya kepada mereka. Artinya ada korban disana dan ini menggambarkan tentang KORBAN TUHAN YESUS KRISTUS di atas kayu salib. Tidak ada satu manusia yang mampu menutupi keberdosaannya, sebab hanya TUHAN YESUS yang sanggup melakukan itu. FIRMAN TUHAN adalah pakaian bagi gereja TUHAN.

"Bukan setiap orang yang BERSERU KEPADA-KU: TUHAN, TUHAN! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang MELAKUKAN KEHENDAK BAPA-KU yang di sorga." Matius 7:21

Ayat ini jelas mengatakan bukan setiap orang yang BERSERU TUHAN, TUHAN yang akan masuk Sorga, melainkan mereka yang MELAKUKAN KEHENDAK TUHAN atau yang MELAKUKAN FIRMAN TUHAN.

Keluaran 28:1-43, Yang ditulis dalam ayat-ayat ini adalah pakaian imam yang sudah TUHAN ATUR. Berbicara tentang imam maka imam itu ada dua yaitu : Imam besar dan imam-imam. IMAM BESAR adalah YESUS KRISTUS TUHAN sedangkan kita adalah imam-imam, 1 Petrus 2:9 — “ Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, UMAT KEPUNYAAN ALLAH SENDIRI, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari DIA, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada TERANG-NYA yang ajaib."

"Tentang perbuatan manusia, sesuai dengan FIRMAN yang ENGKAU UCAPKAN, aku telah menjaga diriku terhadap jalan orang-orang yang melakukan kekerasan." Mazmur 17:4. Kita harus menjaga diri kita sesuai dengan FIRMAN yang TUHAN UCAPKAN sebab FIRMAN TUHAN adalah pakaian kita.

"Tetapi PENGHIBUR, yaitu ROH KUDUS, yang akan DIUTUS OLEH BAPA DALAM NAMA-KU, DIA-lah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah KU-KATAKAN kepadamu." Yohanes 14:26

ROH KUDUS-lah yang akan memberikan pengajaran yang benar kepada kita sehingga kita mengerti apa yang menjadi KEHENDAK TUHAN bagi kita. Kalau kita berpakaian kebenaran maka dunia akan mengenal siapa kita.

Wahyu 3:4-6 — “Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan AKU dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu. Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; AKU TIDAK AKAN MENGHAPUS namanya dari kitab kehidupan, melainkan AKU AKAN MENGAKU namanya di HADAPAN BAPA-KU dan di hadapan para MALAIKAT-NYA. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Begitu pentingnya pakaian ini sehingga harus kita kenakan selalu. Setelah kita membaca ayat di atas, maka pertanyaannya sekarang adalah: Sudahkah kita mamakai pakaian itu ?
Wahyu 3:18 — “ Maka AKU MENASIHATKAN engkau, supaya engkau MEMBELI DARI PADA-KU emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat."

Pakaian putih harus dipakai supaya tidak terlihat ketelanjanganmu. Untuk mendapatkan pakaian putih FIRMAN TUHAN berkata harus ada usaha yang kita lakukan dengan cara membelinya dari TUHAN. Istilah membeli dari TUHAN artinya adalah TUHAN yang akan memakaikannya.

"Enam hari kemudian YESUS MEMBAWA Petrus, Yakobus dan Yohanes dan bersama-sama dengan mereka IA NAIK ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendirian saja. Lalu YESUS BERUBAH RUPA di depan mata mereka, dan PAKAIAN-NYA sangat putih berkilat-kilat. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat mengelantang pakaian seperti itu." Markus 9:2-3

Ketika TUHAN YESUS bersama Petrus, Yakobus dan Yohanes naik ke sebuah gunung, TUHAN YESUS berubah di depan mata mereka. PAKAIAN-NYA sangat putih berkilat-kilat pada saat YESUS KRISTUS TUHAN DIMULIAKAN. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat mengelantang pakaian seperti itu.

ALLAH MENGORBANKAN ANAK-NYA bagi kita supaya tidak tampak ketelanjangan kita atau keberdosaan kita lagi. Itulah yang dinamakan bahwa kasih menutupi segalanya. iblis mempunyai banyak tipu muslihat dan untuk bisa melawannya kita harus menggunakan selengkap pakaian perang.

"Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus." Ibrani 2:1

FIRMAN TUHAN atau kebenaran itu adalah pakaian kita itu sebabnya kita harus lebih teliti mendengar apa yang kita dengar, supaya tidak hanyut dibawa arus.

Inilah yang harus menjadi perenungan kita sekarang ini yaitu bagaimana dengan pakaian kita, apakah putih atau tidak ? Kalau belum, sudah saatnya kita BELI dari TUHAN YESUS KRISTUS karena DIA ADALAH KEBENARAN ITU.

"Pada mulanya adalah FIRMAN; FIRMAN itu bersama-sama dengan ALLAH dan FIRMAN itu adalah ALLAH. DALAM DIA ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia." Yohanes 1:1, 4

Yohanes 17:17 — “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; FIRMAN-MU ADALAH KEBENARAN.” Amin...TUHAN YESUS MEMBERKATI.

Comments