Perjuangan Percaya Perempuan Kanaan Matius 15:21-28

 


Matius 15:21-28, Lewat Firman ALLAH saat ini kita dapat belajar dari perjalanan seorang perempuan Kanaan, bagaimana sikapnya ketika ia sedang menghadapi suatu persoalan yang sangat besar. Perempuan Kanaan bertindak datang kepada TUHAN YESUS KRISTUS sambil berseru dan memohon dengan satu harapan diberi pertolongan. Saya yakin semua kita yang ada dibawah kolong langit ini sangat membutuhkan yang namanya pertolongan, sama seperti perempuan Kanaan ini sangat berjuang untuk mendapatkan belaskasihan dari TUHAN YESUS, tetapi nyatanya perempuan ini tidak mendapatkan seperti apa yang dia inginkan.

Sering sekali dalam perjalanan hidup ini, ketika kita mengahadapi suatu persoalan ingin mendapatkan jawaban yang cepat atau instan, namun wanita ini benar-benar memiliki satu perjuangan iman dalam pergumulan yang tidak pernah menyerah.

Sering sekali kita sebagai manusia mengalami ujian dan pencobaan namun semua pencobaan-pencobaan yang kita alami itu sesungguhnya adalah pencobaan yang biasa, 1 Korintus 10:13 — “ Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab ALLAH setia dan karena itu IA tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai IA akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya."

ALLAH juga tidak pernah menjanjikan kepada kita pada saat menjadi orang yang percaya kepada-NYA menjadi bebas dari masalah, bebas dari tantangan, bebas dari godaan. Tetapi ALLAH inginkan supaya kita disaat kita percaya kepada ALLAH kita harus memiliki iman yang sungguh-sungguh yang tidak gampang untuk menyerah dalam menghadapi segala tantangan dan kesulitan.

Ketika perempuan Kanaan itu datang kepada YESUS KRISTUS dengan membawa semua permohonanya, pada saat itu TUHAN YESUS tidak langsung melayani atau memperdulikan perempuan tersebut. Demikian juga dengan kehidupan kita kadangkala seolah-olah TUHAN YESUS membiarkan dan tidak menjawab doa-doa kita. Tetapi sesungguhnya ALLAH ingin melihat sejauh mana kesunguhan hati kita untuk mempercayai TUHAN YESUS KRISTUS sebagai penolong. Kita akan melihat beberapa hal dari perempuan Kanaan ini yang menyatakan perjuangan iman tidak boleh menyerah walaupun seakan TUHAN YESUS tidak menjawab,

► Pertama Matius 15:23 — “ Tetapi YESUS sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-NYA datang dan meminta kepada-NYA: “Suruhlah IA pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.”

Walaupun perempuan itu telah berseruh memohon belas kasihan TUHAN, tetapi TUHAN YESUS sama sekali tidak menjawab.

Apakah TUHAN YESUS tidak tahu bahwa perempuan ini membutuhkan pertolongan ? TUHAN YESUS pasti tahu, sebab YESUS KRISTUS adalah ALLAH yang Maha tahu dan mengerti. Tetapi karena wanita ini memiliki kepercayaan dan keyakinan yang sungguh sehingga dia tidak mau menyerah, dia ingin mendapatkan jawaban dari TUHAN YESUS, Yeremia 17:17 — “ Janganlah ENGKAU menjadi kedahsyatan bagiku, ENGKAU-lah perlindunganku pada hari malapetaka."

Mungkin hari ini ada di antara kita yang menghadapi persoalan dan masalah apakah itu masalah rumah tangga, keluarga, pekerjaan, usaha, study dan perkuliahanmu mungkin kita sudah meminta pertolongan kepada TUHAN YESUS KRISTUS, tetapi sampai saat ini belum menemukan jawaban bukan ALLAH tidak mau, tetapi sering sekali ALLAH ijinkan ini terjadi karena ALLAH ingin melihat sampai dimana keseriusan kita untuk mempercayai YESUS KRISTUS sebagai TUHAN, Lukas 18:1-8

Biarlah kiranya kita tidak gampang putus asa atau kecewa ketika diperhadapkan suatu masalah dan kesulitan, sebab kita harus yakin bahwa TUHAN YESUS pasti sanggup untuk menolong dan memberikan jalan keluar bagi kita, Daniel 3:16-18 — “ Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. Jika ALLAH kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka IA akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."

Ada banyak iman anak-anak TUHAN pada hari-hari ini yang menjadi gugur dengan cara meninggalkan KRISTUS YESUS TUHAN dan pergi mencari pertolongan yang tidak ada kepastian. Sering sekali TUHAN YESUS menuntut kita agar lebih lagi sungguh-sungguh untuk mengiring DIA.

► Kedua Matius 15:24 “Jawab YESUS : “AKU diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

Seolah-olah TUHAN YESUS pilih kasih, tetapi perempuan kanaan itu tetap berseruh untuk meminta pertolongan kepada TUHAN YESUS, meskipun perempuan itu mendapat kata-kata yang rendah, namun hal itu tidak membuat dia mundur, melainkan dia menyadari siapa dirinya sendiri. Kadangkala ketika kita menghadapi persoalan atau pergumulan yang berat dan kita telah lama menunggu jawaban namun tidak kunjung ada jawaban, kadang tanpa kita sadari kita sedang memaksa TUHAN YESUS untuk melakukan seperti apa yang kita mau.

Pertolongan TUHAN YESUS tidak pernah datang terlambat bagi kita orang-orang yang percaya kepadan-NYA, bahkan TUHAN YESUS sungguh mengetahui apa yang menjadi kebutuhan kita, oleh sebab itu biarlah kiranya kita memiliki kesabaran untuk menunggu janji-janji TUHAN itu tergenapi didalam kehidupan kita, Yesaya 59:1-2 — “ Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-NYA tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan ALLAH-mu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat DIA menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga IA tidak mendengar ialah segala dosamu.”

Apapun yang menjadi masalah kita pada hari-hari ini biarlah kiranya kita datang kepada TUHAN YESUS KRISTUS, menyembah dan berdoa kepada-NYA sebab Firman ALLAH adalah YA dan AMIN ketika kita datang kepada-NYA kita tidak pernah ditolak, jika kita telah menerima belas kasihan yang dari TUHAN YESUS maka disanalah kita akan mendapatkan pembelaan dan pertolongan, biarlah kiranya kita menjadi umat-umat KRISTUS YESUS TUHAN yang selalu merindukan belas kasihan yang dari YESUS TUHAN setiap hari, Amin...TUHAN YESUS Memberkati.

Comments