Mentranformasi diri seperti Kepompong ke Kupu-kupu Markus 12:12

 


Markus 12:12 Demikian FIRMAN TUHAN “Lalu mereka berusaha untuk MENANGKAP YESUS, karena mereka tahu, bahwa merekalah yang DIMAKSUDKAN-NYA dengan perumpamaan itu. Tetapi mereka takut kepada orang banyak, jadi mereka pergi dan MEMBIARKAN DIA.”

YESUS MENGAJAR PEMIMPIN AGAMA MELALUI PERUMPAMAAN, Markus 12:1-11,
TUHAN YESUS MENYAMPAIKAN perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur kepada pemimpin agama.

Apa yang dilakukan penggarap-penggarap kebun Anggur dalam perumpamaan yang DISAMPAIKAN TUHAN YESUS KRISTUS?
1. Penggarap kebun anggur menyiksa dan bahkan membunuh semua utusan pemilik kebun anggur.
2. Penggarap kebun anggur menyiksa dan membunuh anak pemilik kebun anggur yang diutus.
3. Pemilik Kebun anggur datang untuk membinasakan penggarap-penggarap kebun anggur.

Pemimpin-pemimpin agama tahu, bahwa merekalah yang DIMAKSUDKAN-NYA dengan perumpamaan itu. Mereka adalah penggarap-penggarap kebun anggur. RESPON PEMIMPIN AGAMA TERHADAP AJARAN TUHAN YESUS, Markus 12:12

Apa yang dilakukan Pemimpin Agama ?
Mereka pergi, Mereka MEMBIARKAN DIA (TUHAN YESUS). Mereka Takut kepada orang banyak.

Apakah mereka diam dan tidak berbuat apa-apa ?
Mereka tidak Diam. Mereka Berusaha untuk MENANGKAP TUHAN YESUS. Berusaha berarti melakukan beberapa cara atau segala cara untuk MENANGKAP TUHAN YESUS.

Usaha-usaha mereka untuk MENANGKAP YESUS adalah :
1. Markus 12:13-17, Tentang Membayar Pajak Kepada Kaisar.
2. Markus 12:18-27, Pertanyaan Orang Saduki Tentang Kebangkitan
3. Markus 12:28-34, Hukum yang Terutama

Inilah Usaha-usaha mereka untuk MENANGKAP TUHAN YESUS tetapi semua usaha mereka gagal. Pemimpin agama tidak membenahi diri. Malah mau melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran yang mereka ajarkan sendiri.

Bagaimana dengan Kita ?
Pada saat kita ditegur, kita jangan seperti pemimpin agama. Mereka tidak memperbaiki diri. Bahkan mereka berusaha untuk MENANGKAP DAN MEMBUNUH TUHAN YESUS.
Usaha mereka MENANGKAP DAN MEMBUNUH TUHAN YESUS. Apa yang mereka hendak lakukan ini tentu sangat bertentangan dengan ajaran FIRMAN TUHAN. FIRMAN TUHAN mengajarkan Jangan membunuh. Mereka mau melakukan pembunuhan. Hal ini sangat bertentangan dengan FIRMAN yang mereka ajarkan. Kita kiranya mengamalkan ajaran FIRMAN TUHAN dalam hidup kita.

Kupu-kupu memiliki sayap yang berwarna-warni dan sangat indah. Namun sebelumnya adalah seekor kepompong yang menjijikan.

Kehidupan kita kadang menjijikan namun transformasi hidup dari yang lama kepada hidup yang baru mendatangkan keindahan hidup. Apabila kita melewati semuanya dalam pergumulan doa.

Dalam Kejadian 32:22-32 menceriterakan tentang kisah hidup dari pada Yakub yang artinya penipu. Tetapi sejak awal PERJUMPAAN DENGAN TUHAN di Betel, ia makin diteguhkan hidupnya. Ia melangkah dengan JANJI TUHAN, walaupun ia harus melalui proses yang begitu panjang namun di balik proses hidup, semuanya indah pada waktunya. Kadang hidup kita juga demikian harus melewati berbagai proses hidup baru akan mendapatkan BERKAT YANG DARI ALLAH. Yakub harus 21 tahun mengabdi baru mendapatkan banyak berkat.

Transformasi terjadi harus melewati pergulatan hidup. Pergulatan adalah suatu perjuangan hidup untuk mencapai keberhasilan. Jika ingin meraih kesuksesan, harus menjadi pekerja keras maka kesuksesan akan diraih. Jika ingin mendapatkan berkat harus terus berjuang. Dalam perjuangan LIBATKAN TUHAN YESUS, dalam perjuangan ANDALKAN TUHAN YESUS, dalam perjuangan harus bertahan, bersabar, kuat dan tabah.

Dalam pergumulan janganlah engkau bergumul sendirian melainkan LIBATKAN TUHAN YESUS KRISTUS dalam perjuanganmu melalui doa. Doa pergumulan adalah suatu persekutuan yang sangat erat antara kita dengan TUHAN YESUS dalam waktu yang cukup. Yakub bergumul sampai fajar menyingsing. Hal ini memberikan petunjuk bagi kita bahwa dalam menghadapi segala persoalan, masuklah dalam doa PERGUMULAN DENGAN TUHAN YESUS.

TUHAN YESUS MEMBERIKAN TELADAN dalam menghadapi tantangan harus dihadapi dengan doa pergumulan. Itulah sebabnya TUHAN YESUS BERDOA semalaman di taman Getsemani. TUHAN YESUS BERTANYA kepada kita bukankah engkau tidak berjaga sejam saja ?

Apabila kita bergumul dengan sungguh-sungguh pasti ada keberhasilan dibalik dari pergulatan. Janganlah kita kalah dalam perjuangan hidup tapi kalahkanlah tantangan yang menghadang langkah hidup dalam DOA PERGUMULAN BERSAMA TUHAN YESUS.

Seorang pejuang sejati atau petarung sejati adalah orang yang optimis dalam perjuangan. Kita harus bergulat dengan keyakinan penuh bahwa; BERSAMA DENGAN TUHAN YESUS kemenangan sudah terjadi.

Terus berjuang sampai meraih kemenangan, terus berjuang sampai meraih kesuksesan, terus berjuang sampai meraih kebahagiaan dan terus berjuang sampai berhasil dalam segala sesuatu. Jangan berhenti bergumul sebelum mencapai puncak keberkatan, orang yang mau DIBERKATI TUHAN YESUS adalah orang yang memiliki semangat juang dalam doa pergumulan.

Janganlah berhenti bergumul sebelum mendapat BERKAT DARI TUHAN YESUS KRISTUS. Teruslah bergumul sampai TUHAN YESUS MENJAWAB engkau. Peganglah prinsip Yakub "Aku TIDAK AKAN MEMBIARKAN ENGKAU PERGI, JIKA ENGKAU TIDAK MEMBERKATI AKU." Aku tidak akan berhenti bergumul dalam doa sampai saya mendapatkan jawaban BERKAT DARI TUHAN. Aku akan tetap DIHADAPAN-MU sampai saya mendapatkan jawaban doa.

Orang yang memiliki kekuatan iman yang teguh dalam menghadapi pergumulan pasti MENDAPATKAN UPAH DARI TUHAN. Yakup adalah contoh bagi kita bertarung sampai menang, bertarung sampai mendapatkan perubahan hidup dan bahkan punya reputasi namanya dari Yokub menjadi Israel atau julukannya "PEJUANG ALLAH." Karena ia berjuang dan menang. Ia telah memiliki nama baru, Ia adalah LASKAR ALLAH.

Gerakan pembaharuan hidup hanya bisa di raih melewati pergumulan, sebagai jembatan menuju kehidupan yang DIBERKATI OLEH ALLAH. Orang yang mau diberkati adalah orang yang harus berjuang dengan penuh semangat yang berkobar-kobar dalam menghadapi pergumulan hidup. Hidup bisa berubah apabila dihadapinya dalam doa pergumulan. Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok.

Karena hidup itu berat atau hidup itu penuh pergumulan. Selama manusia hidup di dunia ini penuh dengan pergumulan. Karena diperhadapkan atau hidup dibenturkan dengan berbagai persoalan namun sebagai orang percaya kita harus hadapi dengan doa dan iman.

Orang yang MENCARI WAJAH TUHAN dalam menghadapi pergumulan pasti WAJAH TUHAN terpancar dalam kehidupannya sehingga wajahnya akan berseri-seri, mendapatkan kekuatan baru, menjadi semangat dalam berjuang dan punya iman yang teguh sampai menang dalam menghadapi segala persoalan. BENAHI DIRI KITA SUPAYA NAMA TUHAN DIMULIAKAN, Amin...TUHAN YESUS MEMBERKATI.

Comments