Melawan Mediokriti Amsal 22:29 (TB)


Amsal 22:29 (TB)
Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.

Lawan kata Excellence adalah Mediocre, Mediocre adalah suatu yang sedang-sedang, biasa dan dibatas rata-rata, atau mungkin cenderung kurang baik.

Ada 3 hal yang menjadi perbedaan antara Excellence dan Mediocrity adalah:

1. Mediocrity is an Excuse, Excellence is a Choice.

Mediocrity adalah alasan untuk menjadi biasa-biasa saja, untuk menjadi Excellence adalah sebuah pilihan.

Mediocrity, menggunakan alasan-alasan atau tergantung dengan sumber daya, fasilitas dan situasi yang dimiliki untuk mencapai tingkat Excellence,

Excellence, tidak tergantung kepada sumber daya, fasilitas ataupun situasi kondisi yang terbatas, namun menggunakan apa yang dimiliki untuk mengerjakan hal biasa menjadi luar biasa.

Excellence adalah bukan MENJADI YANG TERBAIK TETAPI MELAKUKAN YG TERBAIK YG BISA DILAKUKAN.

Kita tidak bisa membandingkan tingkat Excellence diri sendiri dengan orang lain, jika kita membandingkan tingkat Excellence dengan orang lain, maka kita hanya akan bisa menjadi The Second Best.

Apa jaminan jika kita diberi hal yang baru bisa menjadi Excellence? Galatia 6:4 (BIMK) Setiap orang harus memeriksa sendiri apakah kelakuannya baik atau tidak. Kalau baik, ia boleh merasa bangga atas hal itu. Tetapi tidak usah ia membandingkannya dengan apa yang dilakukan orang lain.

Yang perlu kita kalahkan bukan rekor orang lain melainkan rekor diri kita sendiri, jika kita mengejar apa yang dilakukan orang lain, maka kita akan kehilangan Spirit of Excellence dari dalam diri kita sendiri.

Excellence dimulai dengan sebuah keputusan dengan memberikan yang terbaik bukan yang tersisa.

Excellence is about giving the best not the left over. Yohanes 3:16 (TB) Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

The quality of a persons life is in direct proportion to their commitment to excellence, regardless of their chosen field of endeavor.
~ Vince Lombardi ~

Yang membedakan Excellence dan Mediocrity adalah KOMITMEN. disaat kita memberikan komitmen, tidak akan ada alasan-alasan untuk tidak menjadi Excellence.

KITA Jemaat GBI Mawar Saron SoE terbiasa mendengar Banyak kesaksian opa Obbie Dethan Pendiri GBI Mawar Saron SOE dan Perintis GBI di Kabupaten TTS-NTT bahwa yang beliau lakukan dalam Melayani Tuhan dan jemaat Tuhan adalah hanya “selalu memberikan yang terbaik.” Hasilnya adalah kita para murid yang dihasilkan melalui pelayanan beliau.

We will only excel, if we consistently give our best.
kita akan hanya menjadi unggul, jika kita secara konsisten memberikan sesuatu yang baik.

2. Mediocrity settles for what is, Excellence strives for what can be.

Mediocrity selalu berpikir “memang dari dulunya sudah begini apa adanya.”
Excellence selalu berpikir “Apakah ada yang bisa diperbuat lebih lagi?”

Excellence didn’t happened by accident, it happened with accumulation of the process.

Sesuatu yang biasa menjadi yang luar biasa perlu dibutuhkan persiapan, pemikiran dan dicerna berulang kali.

Excellence is to do the common thing in an uncommon way.
~ Booker T. Washington ~

Efesus 3:20-21 (TB)
(20) Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, (21) bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.

Disaat kita meminta atau berdoa untuk menjadi Excellence, maka pada saat itu panca indra kita akan mulai terbuka atas apa yang kita minta, dan kita juga harus mulai berani untuk memikirkan. Disaat kita memikirkan, maka ide-ide bagus akan mulai bermunculan untuk melakukan suatu hal yang Excellence.

If you dare to ask for it, than you dare to imagine it.

Mediocrity cenderung hanya melakukan job desk, Excellence akan melakukan suatu pekerjaan lebih dari hanya job desk, malah memberikan extra milestone dalam pekerjaannya, disaat itu promosi akan datang menghampiri dengan sendirinya tanpa perlu mempromosikan diri sendiri. Excel beyond what you need to do.

Excellence tidak berpikir “How can I get bigger,” tapi “How can I get Better.” ketika kita menjadi lebih baik, itu berarti kita telah menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Excellence is an accumulation of small betterments over times.

Mediocrity is natural, Excellence is supernatural.

3. Mediocrity never attracts, Excellence Honors God.

Sesuatu hal yang biasa tidak akan menarik perhatian. Meminta kepada Tuhan hal yang Excellent adalah suatu penghormatan kepada Tuhan. Sewaktu kita memilih menjadi Excellence kita menghargai diri kita dan menghargai siapa yang adalah dalam diri kita (Tuhan)

~ 1 Samuel 16:7 (TB) ~
Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: “Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

~ Mazmur 8:1 (BIMK) ~
Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi! Keagungan-Mu yang mengatasi langit dinyanyikan

~ Psalms 8:1 ~
O Lord, our Lord, how magnificent is your reputation throughout the earth! You reveal your majesty in the heavens above!

~ Matius 5:16 (TB) ~
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihatperbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

Excellence terjadi seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia

~ Kolose 3:23-24 (BIS) ~
(23) Apapun juga yang kamu perbuat (pekerjaan dan pelayanan), perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. (24) Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

MSG:
Don’t just do the minimum, do the Best. Work from the Heart, serve Christ and being a follower of Christ doesn’t cover up bad work.

~ Kolose 3:17 ~
Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

If it bears Gods name it deserves my best.

~ 1 petrus 2:9 (TB) ~
Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Kita dipilih dan dikhususkan oleh Tuhan untuk melakukan hal-hal yang diberikan kepada kita dengan Excellence karena kita melambangkan Tuhan dalam setiap tindakan yang kita lakukan dalam kehidupan.

Comments