Renungan Kristen : Menjadi Orang Percaya di Masa Sukar 2 Samuel 21::15

2 Samuel 21:15 — “ Ketika terjadi lagi peperangan antara orang Filistin dan orang Israel, maka berangkatlah Daud bersama-sama dengan orang-orangnya, lalu berperang melawan orang Filistin, sampai Daud menjadi letih lesu.”

Manusia cenderung menghindar dari kesulitan hidup, karena kesulitan itu mereka anggap akan membuat iman mereka menjadi lemah. Tetapi apa yang dikatakan oleh rasul Paulus didalam kesulitan ALLAH akan memberikan jalan keluar, 1 Korintus 10:13 — “ Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab ALLAH setia dan karena itu IA tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai IA akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”
Mungkin kita berpikir zaman ini semakin sulit mana mungkin bisa menjadi orang benar. Mau tidak mau kita harus tetap melakukan Firman TUHAN, berusaha hidup benar ditengah-tengah keadaan yang sukar. Orang yang benar-benar berubah, pasti mengeluarkan buah-buah yang baik dapat dilihat dan dijadikan sebagai teladan. Itulah sebabnya TUHAN YESUS KRISTUS mengajar kita menjadi orang benar lewat rasul Paulus, 2 Timotius 3:1 — “ Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.”

Peristiwa ini sudah digenapi karena kita hari-hari ini sedang melewati masa-masa yang sukar. Tetapi adakah kita hari ini memiliki satu komitmen, tetap menjadi orang benar dimasa-masa yang sukar ? Kita tidak bisa membantah Firman ALLAH, sebagai orang yang percaya dan mengasihi KRISTUS YESUS TUHAN kita dituntut untuk melakukan perintah-NYA.
Apakah yang terjadi, jika manusia tidak memperhatikan atau tidak memahami Firman ALLAH ? Mereka akan alami kekeringan rohani, sehingga mereka gampang terpengaruh oleh keadaan dunia. Sekalipun kita dalam rumah TUHAN jika hanya merupakan tradisi, maka tidak akan ada sesuatu yang berubah dan alami pertumbuhan iman. Jika kita tidak melakukan perintah-NYA, maka kita tidak akan pernah menjadi orang yang benar, sebab kerajaan ALLAH adalah kebenaran.
Untuk menjadi orang benar kita tidak dapat mengandalkan kekuatan, kekayaan dan kejayaan. Ketika menghadapi masalah janganlah menjadi lemah ini adalah siasat dari iblis agar kita jauh dari TUHAN YESUS KRISTUS. Biarlah lewat masalah yang ada membuat kita menjadi bijak sana. Daud tetap mempertahankan hidupnya benar dihadapan TUHAN, bukan berarti Daud tidak pernah melakukan kesalahan.
Tetapi Daud tahu bagaimana ketika ia hidup jatuh dalam perjinahan ia tidak berdiam diri, namun Daud sadar dan menyesali segala perbuatannya, Mazmur 51:1-12. Daud pernah alami masa-masa yang sukar baik dari dalam maupun dari luar. Berperang menghadapi Filistin, mengalahkan Goliat dan dari Absalom anaknya sendiri. Ada beberapa hal yang membuat Daud tetap mejadi orang benar dimasa-masa yang sukar.

#Pertama, Berseruh kepada TUHAN
2 Samuel 22:7 — “ Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada ALLAH-ku aku berseru. Dan IA mendengar suaraku dari bait-NYA, teriakku minta tolong masuk ke telinga-NYA."
Ketika Daud dalam keadaan tertekan dan dalam kesesakan ia tidak pernah menyerah, tetapi dia selalu berseruh kepada TUHAN. Dia berdiri dan menghadap ALLAH yang Mahasuci, ALLAH bukanlah sebagai manusia biasa, tetapi ALLAH adalah yang Maha kuasa dan sempurna. Ketika seseorang mau menyerahkan segala keberadaanya hanya kepada TUHAN, maka disanalah kita akan mengalami kekuatan baru yang diberikan TUHAN lewat ROH KUDUS-NYA.
ALLAH selalu memperhatikan seruan anak-anak-NYA, TUHAN tidak pernah menutup telinga, sebab TUHAN mendengarkan ucapan kata-kata yang keluar dari lubuk hati kita yang paling dalam. Bukan hanya sebatas bicara, namun seruan yang tulus kepada TUHAN benar-benar lahir dari hati yang disucikan oleh darah anak domba ALLAH. Ketika diperhadapkan dengan situasi yang sulit, apakah masih muncul pribadi yang benar dari dalam diri kita ?

#Kedua, Menyerahkan jalan hidupnya kepada TUHAN
Mazmur 37:5-6 — “ Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-NYA, dan IA akan bertindak; IA akan memunculkan kebenaranmu seperti terang, dan hakmu seperti siang."
Daud tidak mengandalkan kekuasaanya ketika ia menghadapi masalah. Namun ia yakin, hanya berseruh dengan menyerahkan hidupnya kepada ALLAH pasti ada pertolongan. Pengorbanan harus kita taruh didalam tangan TUHAN sekalipun nyawa taruhannya, karena kita tahu Kemenangan tanpa peperangan akan terjadi. Sebab ALLAH berkata peperangan itu bukanlah milik kita, namun ALLAH yang akan berperang menggantikan kita.
Ketika alami kesukaran diluar akal pikiran kita, ketahuilah saudara-saudara engkau sedang dibawa oleh TUHAN untuk berserah penuh hanya kepada DIA, 2 Samuel 22:22-23 — “ Sebab aku tetap mengikuti jalan TUHAN dan tidak menjauhkan diri dari ALLAH-ku sebagai orang fasik. Sebab segala hukum-NYA kuperhatikan, dan dari ketetapa-NYA aku tidak menyimpang.”
Perjalanan orang percaya ada banyak persoalan yang dihadapi, seakan-akan kita tidak dapat lagi untuk berbuat apa-apa, namun disitulah akan kita lihat pertolongan YESUS KRISTUS TUHAN. Orang yang dekat kepada TUHAN YESUS bukan berarti tidak ada air mata, orang yang tekun bukan berarti tidak mengalami keadaan yang sulit.
► Ketiga, Memegang Firman TUHAN sebagai kebenaran
2 Samuel 22:22-23 — “ Sebab aku tetap mengikuti jalan TUHAN dan tidak menjauhkan diri dari ALLAH-ku sebagai orang fasik. Sebab segala hukum-NYA kuperhatikan, dan dari ketetapa-NYA aku tidak menyimpang.”
Daud tetap memegang Firman TUHAN, meskipun ia mengalami masalah yang berat. Ada banyak anak-anak TUHAN melepaskan kebenaran, karena terpengaruh keadaan dunia yang semakin sulit. Berusaha mencari pertolongan dari manusia dan melupakan TUHAN sebagai sumber pertolongan yang sejati.

#Keempat, Selalu bernyanyi, memuji menyembah TUHAN dan mengucap syukur
2 Samuel 22:50 — “ Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-MU, ya TUHAN, di antara bangsa-bangsa, dan aku mau menyanyikan mazmur bagi nama-MU."
Setelah Daud mengalami kesulitan yang bertubi-tubi, namun TUHAN yang dia percayai tidak pernah menutup mata. Mungkin engkau alami masa-masa yang sulit hari-hari ini naikanlah pujian syukur dihadapan TUHAN, maka segala bebanmu akan diangkat oleh TUHAN YESUS KRISTUS dan digantikan dengan sukacita, karena didalam pujian dan ucapan syukur ada kuasa ALLAH yang akan mengalir. Ketika engkau lemah tak berdaya percayalah bahwa ada tangan yang kuat selalu menopang hidupmu, Amin...Semoga Bermanfaat


Comments