Devosi dari Bartimeus Markus 10 ayat 46-52


Saya mendengar nama Bartimeus sejak masik jadi anak sekolah minggu dari Bartimues kita bisa mengenal dan tau tentang tranformasi hidup. mari kita sama-sama buka Alkitab kita di Markus 10:46-52. Dia adalah orang buta yang membuat kontak dengan Tuhan sehingga dia mengalami mukjizat. Sehingga hal-hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dari Bartimeus inilah kita bisa belajar bagaimana caranya agar bisa berhubungan dengan Tuhan.

Mungkin untuk pekerjaan Anda, mungkin untuk keuangan Anda, pernikahan Anda, karir Anda, bahkan untuk kehidupan rohani dan pelayanan Anda. Bagaimana caranya kita bisa berhubungan dengan Tuhan sehingga kita bisa menerima mukjizat-mukjizat dariNya?

Alkitab mengatakan, "Tanpa iman kita tidak bisa menyenangkan Tuhan." Mukjizat hanya datang lewat satu cara yaitu iman. Artinya, semua orang yang datang pada Tuhan harus percaya, harus beriman bahwa Tuhan ada. Bahwa Tuhan hidup, Tuhan bisa mendengar permohonan Anda. Tuhan ada untuk memenuhi segala kebutuhan Anda. Dia adalah Jehova Jireh - penyedia Anda. Jehova Rapha - penyembuh Anda. Dia adalah Tuhan yang membebaskan Anda, dia adalah Tuhan yang mengerjakan mukjizat dan Dia akan memberikan upah kepada mereka yang selalu mencari Dia.

Mari kita belajar langkah-langkahnya pada Bartimeus.

1. Menginginkan
Markus 10:47 "Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!""

Bartimeus sangat ingin disembuhkan. Dia punya visi untuk disembuhkan. Bagaimana dengan kita? Apa visi kita tentang pendidikan, penghasilan, karir, pernikahan, kehidupan kita? Tanpa visi manusia binasa. Kita harus memiliki visi, memiliki keinginan apa yang kita rindu untuk Tuhan kerjakan dalam hidup kita.

2. Memutuskan
Anda harus mengambil ketetapan dalam pikiran Anda. Bartimeus memutuskan untuk tetap pergi kepada Yesus dan mendapatkan kesembuhannya.

3. Meminta
Anda harus terus meminta dan berdoa. Tetap meminta, tetap berdoa. Bartimeus berseru pada Yesus, "Yesus, anak Daud...kasihanilah aku." Mungkin orang-orang berkata, "Diam...diam...! jangan terlalu radikal" Dia berteriak lebih keras lagi, "Yesus, anak Daud...kasihanilah aku."

Lukas18:1 "Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu."

4. Menerima
Anda harus menerimanya sebelum Anda melihatnya.

Markus 11:24, Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

5. Mengakuinya
Markus 11:23, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Jadi Anda harus terus memperkatakannya dan mengakuinya.

6. Melihat
Gunakan karunia iman untuk mengimajinasikan janji Allah terwujud dalam kehidupan Anda. Sama seperti Abraham mengimajinasikan anak-anaknya akan sebanyak bintang di langit. Seperti Yakub yang mengimajinasikan akan mendapatkan domba yang berbintik-bintik. Kalau kita bisa melihatnya, kita akan mendapatkannya.

7. Melakukan
Markus 10:50 Lalu ia menanggalkan jubahnya, ia segera berdiri dan pergi mendapatkan Yesus.

Iman Bartimeus bukan iman yang mati tetapi iman yang disertai perbuatan. Walaupun masih buta dia sudah tanggalkan jubah kebutaannya dan menghampiri Yesus untuk mendapatkan kesembuhannya. Itu sebabnya Yesus menyembuhkan dia, karena Yesus melihat Iman dalam kehidupan Bartimeus.

Kalau Anda melakukan ketujuh langkah iman di atas maka semua mimpi yang Tuhan berikan pada Anda akan menjadi kenyataan. Terimalah mukjizat Tuhan hari ini. Amin.

Comments