Padang Gurun Kehidupan Keluaran 8


Tantangan dan goncangan semuanya adalah proses pembelajaran untuk kita semua. Universitas Padang Gurun. Kita semua perlu ujian baru naik kelas. TUHAN YESUS mengundang kita semua untuk melalui tahapan proses ini.

Ulangan 8:2-3 — “ Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kau lakukan atas kehendak TUHAN, ALLAHmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-NYA atau tidak. Jadi IA merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kau kenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN.”

* Supaya kita belajar mengandalkan TUHAN YESUS KRISTUS, bukan posisi dan reputasi kita.
* TUHAN YESUS mau kita belajar kerendahan hati (refleksi dari hati kita)

Keluaran 13:17-18 — “ Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, ALLAH tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman ALLAH : "Jangan-jangan bangsa ini menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir. Tetapi ALLAH menuntun bangsa itu berputar melalui jalan di padang gurun menuju ke Laut Teberau. Dengan siap sedia berperang berjalanlah orang Israel dari tanah Mesir."

Seringkali kita semua menginginkan jalan pintas (short cut), tapi adakalanya kita harus berputar, supaya kita SIAP UNTUK BERPERANG. Dalam bisnis, pekerjaan, semua ada tantangan di depan, kita harus siap.

5 Hal yang TUHAN YESUS Ingin Ajarkan Melalui Padang Gurun :

1. MEMBANGUN DAYA TAHAN (Building Up Endurance)
Yakobus 1:3-4 — “ Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun." TUHAN YESUS KRISTUS mau kita punya daya lentur, saat ada badai tidak ada yang tumbang tapi semua bertahan.

2. MEMBANGUN BUAH
Mari kita makan buah-buah kebaikan setiap hari :
► Markisa : mari kita sabar
► Jeruk : jangan berbuat buruk
► Pisang : pantang iri sombong dan angkuh
► Anggur : anda gemar bersyukur
► Melon : menolong orang lain
► Tomat : tobat sebelum kiamat
► Talas : tak ada kata malas

Amsal 12:18 — “ Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan."
Rumah tangga bisa seperti padang gurun kalau terlalu banyak kata-kata tajam yang menyayat hati. Siapa rindu yang memiliki lidah yang menyembuhkan ?

Amsal 16:24 — “ Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang."

Yosua 6:1-2 — “ Dalam pada itu Yerikho telah menutup pintu gerbangnya; telah tertutup kota itu karena orang Israel; tidak ada orang keluar atau masuk. Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, AKU serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa."

3. MELATIH KESABARAN KITA (Developing Patience)
Yang instan pasti beda kualitasnya
Kalau kita sabar, kualitasnya beda.
Ibrani 6:13, 15 — “ Sebab ketika ALLAH memberikan janji-NYA kepada Abraham, IA bersumpah demi diri-NYA sendiri, karena tidak ada orang yang lebih tinggi dari pada-NYA, kata-NYA : "Sesungguhnya AKU akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan akan membuat engkau sangat banyak. Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya."

Kesabaran supaya janji TUHAN YESUS nampak dalam hidup kita.
Hari ini apa saja yang kita lakukan, kita harus capai garis akhir (garis finish).
Jembatan (bridge) sudah TUHAN YESUS sediakan untuk kita.
Kesabaran adalah jembatan dari iman untuk suatu kenyataan.
Kita rindu padang gurun cepat berlalu, tapi TUHAN YESUS yang mengatur semuanya agar indah pada waktu-NYA.

4. MENDENGAR SUARA TUHAN YESUS KRISTUS
Lukas 3:2 — “ pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman ALLAH kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun."
Seringkali di tengah keheningan padang gurun kita baru belajar mendengar suara TUHAN YESUS. Dunia begitu cepat berubah, TUHAN YESUS mau kita tetap belajar mendengar suara TUHAN.

5. PINTU MASUK KE TANAH PERJANJIAN
Padang gurun itu hanya sementara.
Yesaya 32:15 — “ Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebuh buah-buahan itu akan dianggap hutan." Amin. TUHAN YESUS Memberkati.

Comments