NAIK, TURUN, PERGI, Pesan dari Kisah Para Rasul




Kisah Para Rasul yang terdiri dari 28 pasal, kitab yang unik dalam Alkitab, menjadi jembatan 4 kitab Injil sebelumnya (Matius-Yohanes), menceritakan sejarah awal para rasul, Gereja mula-mula, suatu transition (pergantian) yang awalnya Injil hanya untuk orang Yahudi saja menjadi untuk segala bangsa. Pasal 1-12 tentang Petrus, pasal 13-28 tentang Paulus. Mulai dari Yerusalem hingga Roma.

3 kata untuk menyimpulkan 28 pasal Kisah Para Rasul = Naik, Turun, Pergi. Kisah Para Rasul 1:8 — “ Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-KU di Yerusalem dan diseluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Amanat Agung TUHAN YESUS KRISTUS, lalu sesudah mengatakan demikian TUHAN YESUS NAIK. Kisah Para Rasul 1:9 — “ Sesudah IA mengatakan demikian, terangkatlah IA disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-NYA dari pandangan mereka."

Lalu, YESUS KRISTUS akan datang kembali dengan cara yang sama, TURUN. Kisah Para Rasul 1:10-11 — “ Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu IA naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? YESUS ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat DIA naik ke sorga."

TUHAN YESUS naik ke surga dengan 1 janji, bahwa YESUS KRISTUS akan kembali, ini menolong murid-murid, karena TUHAN YESUS akan datang kembali.

2 Petrus 3:9-10 — “ TUHAN tidak lalai menepati Janji-NYA, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi IA sabar terhadap kamu, karena IA menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat."

TUHAN YESUS sabar, TUHAN YESUS masih memberikan waktu supaya lebih banyak orang percaya kepada-NYA, TUHAN YESUS memberikan kasih-NYA supaya mereka tidak binasa. Tapi ada saatnya dimana TUHAN YESUS pasti akan datang kembali. Dan, TUHAN YESUS naik ke surga, tapi bukan hanya YESUS naik supaya datang kembali, tapi juga supaya ROH KUDUS turun dan dicurahkan bagi kita.

Yohanes 16:7-8 — “ Namun benar yang KU-katakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika AKU pergi. Sebab jikalau AKU tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau AKU pergi, AKU akan mengutus DIA kepadamu. Dan kalau IA datang, IA akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman."

Jadi TUHAN YESUS tidak sedang berpikir diri-NYA, tapi TUHAN YESUS memikirkan kita. ROH KUDUS akan membantu kita. Ini kasih-NYA yang besar bagi kita. ROH KUDUS, berkat yang sangat besar dan berguna bagi kita.

Yohanes 16:8, ini pelayanan ROH KUDUS, meinginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman. ROH KUDUS akan memuliakan TUHAN YESUS. ROH KUDUS penghibur, penolong, amat sangat penting ROH KUDUS turun atas kita.

Kisah Para Rasul 1:5 — “ Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan ROH KUDUS."
Kisah Para Rasul 1:8 dan 14, Selama 10 hari 120 orang itu berdoa sehati bersama-sama menantikan pencurahan ROH KUDUS.

Kalau kita melakukan hal itu maka terjadi perubahan.Pentakosta pertama. Kisah Para Rasul 2:3-4 — “ dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya."

Kisah Para Rasul 10:44-46 — “ Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah ROH KUDUS ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia ROH KUDUS dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan ALLAH."

Kisah Para Rasul 19:6 — “ dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah ROH KUDUS ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat."

Pergi, supaya kita membawa berita ini ke segala penjuru
Kisah Para Rasul 1:8 — “ Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-KU di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

TUHAN YESUS KRISTUS sudah naik (lulus)
ROH KUDUS sudah turun (lulus)
Perginya, apakah kita mau pergi jadi saksi ??? (Lulus / tidak?)

Penutup dari Kisah Para Rasul sangat menarik dan penting
Kisah Para Rasul 28:30-31 — “ Dan Paulus tinggal dua tahun penuh di rumah yang disewanya sendiri itu; ia menerima semua orang yang datang kepadanya. Dengan terus terang dan tanpa rintangan apa-apa ia memberitakan Kerajaan ALLAH dan mengajar tentang TUHAN YESUS KRISTUS."

Mengapa penting ???
Kalau kita baca kitab-kitab lain di Perjanjian Baru, biasanya setiap kitab ditutup dengan doa berkat, salam. Tapi Kisah Rasul tidak. Kalau sudah ada doa berkatnya selesai kan, seperti Ibadah, tapi Kisah Rasul tidak, karena ini berbicara ROH KUDUS yang mengurapi orang percaya hingga hari ini, karena ROH KUDUS belum selesai melayani hingga saat ini.

TUHAN YESUS masih mau pakai dan urapi kita, untuk kita pergi.
Yang mau taat dan pergi mari kita angkat tangan dan menyembah TUHAN YESUS KRISTUS, Amin. TUHAN YESUS Memberkati.

Comments