Mengambil Keputusan Yang Benar Bilangan 14 ayat 30

Bilangan 14:30 — “ Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah KU-janjikan akan KU-beri kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!”

Dua anak muda yang tercatat dalam ayat tersebut diatas "kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!" mereka dipilih TUHAN untuk masuk ke dalam tanah perjanjian. Bagaimana kedua anak muda tersebut berani mengambil keputusan untuk tetap benar dihadapan TUHAN, ditengah rekan dan teman-teman yang berbeda pendapat.

Hari-hari ini kita membutuhkan keputusan yang tepat, karena keadaan atau situasi yang mendesak mau tidak mau harus mengambil keputusan, dan keputusan itu bisa besar atau kecil. Pada saat kita mengambil keputusan biarlah keputusan itu hanya berkenan dan menyenangkan hati TUHAN, karena ketika kita memutuskan untuk TUHAN pasti akan diingat oleh TUHAN.

Kenapa Yosua dan Kaleb diberkati TUHAN ?

1. Bertindak, berpikir dan berkata yang positif sekalipun dikelilingi oleh hal-hal yang negatif.

Bilangan 14:7-8 — “ dan berkata kepada segenap umat Israel: "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka IA akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya."

Yosua dan Kaleb mengatakan yang positif tentang negeri yang diintainya, sekalipun 10 orang lainnnya mengatakan yang negatif. Ketika Yosua dan kaleb berani mengambil tindakan dan berbicara benar sekalipun sebagai kaum minoritas, semua itu dicatat dan diingat oleh TUHAN, sehingga TUHAN memberikan anugerah terbesar dalam hidupnya untuk masuk dan menikmati negeri yang berlimpah susu dan madu. Begitu juga hidup kita, sekalipun kita kaum minoritas, terkecil, ketika kita berani mengambil keputusan dengan tindakan dan perkataan kita benar, maka TUHAN tahu dan akan memberkati kita.

2. Tahu jalan keluar dalam setiap persoalan karena percaya TUHAN menyertai kita.

Bilangan 14:9 — “ Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

Seorang yang mengatakan mendapatkan kemenangan yang sejati pasti mengetahui jalan keluar. Yosua dan Kaleb tahu bahwa persoalan yang dihadapi berat, dan jalan keluar dari persoalan itu hanya satu yaitu harus keluar dari dosa, apa itu dosa? berontak, bersungut-sungut, tidak percaya kepada TUHAN adalah dosa. Yosua dan Kaleb tahu bahwa hanya ada satu jalan keluar yaitu melalui dan lewat TUHAN, Amin. TUHAN YESUS Memberkati.

Comments