Menggunakan Kesempatan yang ada Kolose 4:5

Kolose 4:5 — “ Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada.”

Ayat ini merupakan nasehat yang penting supaya kita menggunakan waktu yang ada dan memaksimalkan setiap kesempatan dengan sebaik-baiknya (making the best use of the time, make the best of every opportunity). Kita bisa memakai waktu kita dengan banyak cara tetapi Firman TUHAN menasehatkan kita untuk memakai waktu dengan sebaik-baiknya. Surat Kolose adalah salah satu bukti Paulus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Mengapa? Karena surat ini ditulis oleh Paulus saat berada dalam penjara, dalam situasi dan kesempatan yang sangat tidak nyaman, tetapi Paulus telah menggunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan menghasilkan 7 surat penjara. Kalau begitu bagaimana cara kita menggunakan waktu dengan baik ?

Cara menggunakan kesempatan dengan baik :

1. Put first thing first !!! → Prioritas

Ini adalah salah satu syarat keberhasilan. Hidup manusia dihadapkan dengan banyak hal. Kita harus tahu mana yang harus dikerjakan lebih dahulu dan mana yang bisa dikerjakan kemudian. Prioritas tiap-tiap orang tidak sama namun dalam semuanya itu, ada prioritas yang paling tinggi, yang tidak bisa diubah yaitu utamakan dahulu Kerajaan ALLAH dan kebenarannya maka semuanya akan ditambahkan kepada saudara. Matius 6:33 — “ Tetapi carilah dahulu Kerajaan ALLAH dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." dan jangan lupa berbuat baik kepada saudara seiman selagi masih ada kesempatan. Galatia 6:10 — “ Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman."

2. Don’t waste the time !!! → Jangan membuang waktu

Salah satu kesalahan yang sering kita perbuat ialah membuang waktu. Kita sering merasa kekurangan waktu, sebenarnya bukan kita tidak punya waktu tetapi karena kita tidak memakai waktu dengan baik. Firman TUHAN berkata kalau bisa malah kita harus membeli waktu itu (redeem the time), bukan membuangnya. "Dan setelah mereka kenyang IA berkata kepada murid-murid-NYA: "Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang." Maka mereka pun mengumpulkannya, dan mengisi dua belas bakul penuh dengan potongan-potongan dari kelima roti jelai yang lebih setelah orang makan." Yohanes 6:12-13
Di dalam Injil Yohanes 6 TUHAN YESUS berpesan untuk mengumpulkan potongan-potongan kecil dan setelah dikumpulkan menjadi 12 bakul penuh! Demikian juga dengan waktu, bila kita mau mengumpulkannya sedikit demi sedikit akan menjadi banyak. Sudah cukup waktu yang kita buang dengan percuma sebab itu mari kita belajar memakai waktu dengan baik. 1 Petrus 4:3 — “ Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal ALLAH. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang."

3. Do it now !!! → Jangan menunda

Kunci kegagalan adalah suka menunda-nunda. Menunda juga salah satu cara iblis menghalangi berkat-berkat kita. Sebab itu apa yang harus kita lakukan dan dapat kita lakukan, lakukan sekarang, jangan menunda !!! Hari inilah kesempatan itu. Ibrani 4:7 — “ Sebab itu IA menetapkan pula suatu hari, yaitu "hari ini", ketika IA setelah sekian lama berfirman dengan perantaraan Daud seperti dikatakan di atas: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-NYA, janganlah keraskan hatimu!"
Di dalam perumpamaan tentang 10 anak dara, salah satu sebab mengapa 5 anak dara itu dikatakan bodoh, saya percaya, karena mereka menunda. Sudah tahu minyak mereka hampir habis tetapi mereka masih menunda untuk segera membeli dan pada saatnya ketika mereka membeli minyak, waktu sudah habis, pintu sudah tertutup !!!

“Pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat” Efesus 5:16
Mari kita belajar untuk mempergunakan setiap kesempatan yang ada dengan baik agar kita dapat melakukan apa yang TUHAN mau kita lakukan,

Comments