Damai Sejahtera Memerintah dalam Hati Kolose 3:15

Kolose 3:15a Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu,…

ARTI KATA DAMAI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):
Damai:Adem ayem, akur, aman, bahagia, baik, enak, guyuh, harmoni, jenjam, kompak, nyaman, rukun, sakinah, salam, sejahtera, sentosa, syahdu, tenang, tenteram.
Sejahtera: Aman sentosa dan makmur; selamat.

Dari arti kata damai sejahtera kita sudah dapat menangkap apa maksudnya, tetapi pemahaman damai sejahtera pada umumnya lebih dipahami kalau ada bentuk materi. Semua hal diukur dari materi yang dimiliki. Semakinbanyak materi yang dimiliki berarti semakin sejahtera.

PARADIGMA YANG KELIRU TENTANG DAMAI SEJAHTERA/KEBAHAGIAAN
Berikut ini contoh beberapa anggapan bahwa materi dan hal-hal yang kelihatan bisa mendatangkan kebahagiaan.

* Jika kekayaan bisa membuat orang bahagia, tentunya AdolfMerckle orang terkaya dari Jerman tidak akan menabrakkan badannya ke kereta api.
* Jika ketenaran bisa membuat orang bahagia, tentunya Michael Jackson penyanyi terkenal di USA tidak akan meminum obat tidur hingga overdosis.
*Jika kekuasaan bisa membuat orang bahagia, tentunya Getulio Vargas Presiden Brazil, tidak akan menembak jantungnya sendiri.
*Jika kecantikan bisa membuat orang bahagia, tentunya Marilyn Monroe artis cantik dari USA tidak akan meminum alkohol dan obat depresi hingga overdosis.
*Jika kesehatan bisa membuat orang bahagia, tentunya Thierry Costa, dokter terkenal dari Prancis tidak akan bunuh diri akibat sebuah acara di televisi.

Ternyata bahagia atau tidaknya hidup seseorang itu bukan ditentukan oleh: kaya,cantik, tenar, kuasa, sehat.Tetapi yang bisa membuat orang bahagia itu adalah dirinya sendiri. Mampukah kitamensyukuri segala hal yang kita dapat dalam hidup ini? Kebahagiaan itu milik orang-orang yang dapat bersyukur.

Damai sejahtera merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap orang. Banyak kita temui di sekitar kita, ketika ada seseorang yang kehilangan damai sejahtera, ia bisa menjadi seperti orang gila. Kita tidak boleh terjebak dengan salah memahami apa itu damai sejahtera.

AWAL HILANGNYA DAMAI SEJAHTERA
Roma 3:23-24 23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah, 24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Dosalah yang membuat kita kehilangan damai sejahtera. Oleh sebab itu kita harus menjaga hati kita agar tetap dalam kekudusan dan hubungan dengan Tuhan.

TUHAN MENGHENDAKI SETIAP ORANG PERCAYA MENIKMATI IMAN PERCAYANYA
Roma 5:1Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

Lukas 2:14″Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Efesus 2:14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,

Kalau damai sejahtera sudah kita terima secara pribadi berarti terjadi ciptaan yang baru yang dikenal dengan istilah lahir baru. Apakah kita sudah menjalani dan menikmati lahir baru di dalam Kristus? Atau kita hanya sekedar doa terima Yesus.

Kenyataannya tidak semua orang Kristen menikmatiiman percayanya di dalam Kristus. Semua kegiatan rohaniyang dilakukan dianggap sebagai tekanan. Pergi ke gereja hanya terpaksa, melayani karena terpaksa. Karena semuadilakukanmerasa tertekan akhirnya kehilangan damai sejahtera.

Roma 5:1 “…dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah…”
Ayat ini berarti: semua kegiatan ibadah, pelayanan dan semua tindakan iman itu semua menjadi kesukaan untuk dilakukan bukan karena takut Tuhan hukum. Semua perintah Tuhan kita lakukan tanpa tekanan karena kita mengasihi Tuhan.

Ketaatan atas perintah-Nya! Jjika kita melakukan hal ini maka kita akan menikmati iman percaya kita dan luar biasa hasilnya.Sekali lagi, semua yang Tuhan perintahkan bukan menjadi suatu tekanan tapi kita melakukan tanpa syarat karena kita mengasihi Tuhan.

Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Jika damai sejahtera yang memerintah atas hidup kita maka segala kegiatan rohani yang kita lakukan tidak akan menjadi tekanan. Semua pengorbanan yang kita lakukan bukan menjadi sebuah kerugian tapi sukacita yang luar biasa. Inilah yang harus menjadi pengalaman iman kita.

APA HASILNYA?
Filipi 4:7Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Yesaya 48:18Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintah-Ku, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti,

Ada kuasa yang dahsyat dalam firman Tuhan ini: HENDAKLAH! DAMAI SEJAHTERA Kristus MEMERINTAH! Biarkan Dia yang memerintah dalam hidup kita. Semua pergerakan kita hanya melakukan apa yang Yesus perintahkan.

Comments