Bergerak bersama Roh KUDUS kisah Rasul 1 ayat 8


Kisah Para Rasul 1:8 — “ Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-KU di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Firman TUHAN ini mengingatkan kita bahwa kita mendapat kuasa saat kita terima ROH KUDUS. Memang tanda yang menyertai orang yang penuh dengan ROH KUDUS adalah berbahasa roh, tetapi orang menjadi terkecoh karena hanya mencari Bahasa Roh. Pekerjaan Tuhan bukan hanya sebatas berbahasa Roh, tetapi juga kuasa. Dalam bahasa Jawa, kuasa dipakai kata kesaktian. Dalam bahasa Yunani dipakai kata dunamis yang berarti ledakan yang dahsyat. Itu sebabnya ketika kita beroleh ROH KUDUS, maka aka nada ledakan rohani, kesaktian, kekuatan, mujizat, pemulihan di dalam kehidupan kita. Allah menaruh RohNya yang luar biasa dalam hidup kita masing-masing.

"Dan supaya IA menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-NYA: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-NYA bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-NYA bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-NYA." Efesus 1:18-19

Paulus berdoa supaya mata hati kita menjadi terang untuk dapat melihat dan merasakan betapa hebat kuasa ALLAH. Kuasa ALLAH dinyatakan supaya kita tidak panik dan kuatir menghadapi apapun. Suatu kali bujang Elisa gelisah ketika melihat rumah Elisa dikepung oleh tentara Amalek. Elisa berdoa supaya mata rohani bujangnya dibukakan sehingga melihat pasukan malaikat yang lebih banyak daripada musuh. Berdoalah supaya mata hati kita diterangi oleh Firman TUHAN sehingga melihat kuasa yang ada dalam diri kita. ROH KUDUS sanggup menyembuhkan sakit kita, meledakkan tekanan yang menghimpit kita karena fungsi kuasa ROH KUDUS sangat hebat. Contohnya :

1. Simson

Hakim-Hakim 15:13-15 — “ Lalu kata mereka kepadanya: "Tidak, kami hanya mau mengikat engkau dan menyerahkan engkau ke dalam tangan mereka, tetapi membunuh engkau kami tidak mau." Maka mereka mengikat dia dengan dua tali baru dan membawa dia dari bukit batu itu. Setelah ia sampai ke Lehi dan orang-orang Filistin mendatangi dia dengan bersorak-sorak, maka berkuasalah Roh TUHAN atas dia dan tali-tali pada tangannya menjadi seperti batang rami yang telah habis dimakan api dan segala pengikatnya hancur tanggal dari tangannya. Kemudian ia menemui sebuah tulang rahang keledai yang masih baru, diulurkannya tangannya, dipungutnya dan dipukulnya mati seribu orang dengan tulang itu."
Simson yang diikat lalu ROH KUDUS turun atas dia sehingga terlepas dari ikatan. ROH KUDUS sanggup melepaskan ikatan. Ada anak yang sejak lahir sudah terikat dengan penyakit keturunan, tetapi jika kita menerima kuasa ROH KUDUS, maka ikatan itu akan terlepas. Mari memakai kuasa itu, jangan membiarkan ledakan itu menganggur dalam hidup kita. Ada kuasa yang sanggup melepaskan sehingga kita menjadi orang yang merdeka dari ikatan dunia.

2. Daud

1 Samuel 18:5 — “ Daud maju berperang dan selalu berhasil ke mana juga Saul menyuruhnya, sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul."
Kadang sebagai anak TUHAN kita kalah, tetapi jika kuasa itu ada di dalam kita dan dipakai, maka kita akan selalu menang. Daud adalah manusia biasa seperti kita, tetapi Daud selalu menang karena sejak diurapi Daud selalu memelihara kuasa ROH KUDUS yang ada di dalamnya. Suatu kali YESUS KRISTUS dan murid-murid menyeberang danau. Di tengah danau mereka dilanda ombak tetapi TUHAN YESUS dibiarkan tidur di buritan, tidak diperhatikan. Setelah hampir mati, baru mereka datang pada TUHAN YESUS. Jangan biarkan kuasa itu tertidur di dalam kita. Ayub berkata hidup itu penuh dengan perjuangan tetapi dengan ROH KUDUS kita akan selalu mengalami kemenangan.

3. Petrus

Kisah Para Rasul 5:27-29 — “ Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami." Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada ALLAH dari pada kepada manusia."
Petrus yang dihadapkan kepada Mahkamah Agama dan dilarang untuk bersaksi tentang YESUS KRISTUS. Dulu pada saat TUHAN YESUS diadili, Petrus hanya mengikuti dari jauh, ketakutan dan menyangkal YESUS KRISTUS saat ada orang yang mengenalinya. Namun setelah penuh dengan ROH KUDUS ia tidak lagi takut dengan tekanan. ROH KUDUS membuat kita tidak takut lagi.

4. Daniel

Daniel 6:4, 11 — “ 4/ Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya. 11/ Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji ALLAHnya, seperti yang biasa dilakukannya."
Saat itu ada peraturan bahwa orang hanya boleh menyembah kepada Raja. Daniel yang penuh dengan ROH KUDUS tetap tenang dan menyembah kepada TUHAN seperti yang biasa dia lakukan meskipun ancamannya akan dimasukkan ke lubang singa. iblis juga seperti singa yang mengaum dan siap menerkam kita tetapi Roh yang ada di dalam kita lebih besar dari roh yang ada di dunia. Kita akan bisa tetap tenang walau apapun yang terjadi jika ROH KUDUS ada dalam kita. Jangan takut menghadapi badai dan gelombang apapun.

5. Yusuf

Kejadian 39:7, 9b-10
39:7 Selang beberapa waktu isteri tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: "Marilah tidur dengan aku."
39:9b ...Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap ALLAH ?"
39:10 Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengarkan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.

Yusuf diproses selama 13 tahun (di rumah Potifar dan di penjara). Yusuf dibujuk istri Potifar bukan hanya dalam waktu singkat tetapi setiap hari selama bertahun-tahun. Banyak orang jatuh dalam perzinahan, hal ini bukan masalah yang sepele, sangat rawan terutama anak-anak muda.

Yusuf tidak jatuh karena ada ROH KUDUS di dalamnya yang sanggup mengalahkan godaan. Kejadian 41:37-38 — “ Usul itu dipandang baik oleh Firaun dan oleh semua pegawainya. Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan ROH ALLAH?"

Selain menang atas roh kedagingan, Yusuf juga memiliki roh pengampunan sehingga ia bisa mengampuni mereka yang berbuat jahat kepadanya. Petrus pernah bertanya kepad TUHAN YESUS berapa kali harus mengampuni. TUHAN YESUS menjawab 70x7 kali dan memberikan perumpamaan tentang hamba yang berhutang dan diampuni oleh rajanya.

Sakit hati adalah suatu penyakit yang perlu disembuhkan, dibereskan supaya kita berbahagia dan damai sejahtera. ROH KUDUS juga sanggup membalikkan keadaan dari hina menjadi mulia seperti Yusuf dari penjara menjadi orang nomor 2 di Mesir. Jasmani dan rohani diberkati karena ada ROH KUDUS yang mendiami hati setiap orang.

Ada potensi yang luar biasa yang sering kita abaikan, tetapi mulai hari ini kita pakai kuasa itu. Undang ROH KUDUS untuk hadir dan tinggal dalam setiap kita. Kita alami betapa dahsyat kuasa-NYA di dalam hidup kita,

Comments