Mengatasi ketakutan ... Markus 4:40



Berikut ini Hasil survey Pool tentang KETAKUTAN :

#1. 40% manusia takut kepada kecemasan yang tidak pernah terjadi. Mereka terlalu takut kepada hal-hal yang mungkin itu tidak akan terjadi dan takut itu terlalu berlebihan.
#2. 30% manusia takut akan pengalaman masa lalu. Kebanyakan manusia trauma dengan kejadian-kejadian yang tidak mengenakan dimasa hidupnya.
#3. 12% manusia takut akan perkara yang remeh. Jangan biarkan perkara-perkara remeh itu membuang waktu dan kesempatan kita. 10% manusia takut akan sakit yang berbahaya.
#4.8% manusia yang bebas dari rasa takut. Inilah hasil survey tentang rasa takut manusia. Setiap kita bisa menghapus ketakutan kita saat ada Yesus di dalam kita. Orang akan berani kalau ada Yesus di dalam hidup mereka.

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?" Markus 4 : 40. Mengapa manusia mengalami ketakutan?

#1. Karena kurang percaya (Markus 4:40)
#2. Membiarkan Yesus tidur (Markus 4:38)
#3. Merasa mampu melakukan sendiri

Percaya diri adalah suatu hal yang bagus tetapi jangan biarkan itu over dan merasa mampu mengatasi semua masalah dengan sendiri. Tetapi belajarlah dari teladan Rasul Paulus yang memiliki Yesus di dalam hidupnya sehingga ia memiliki rasa percaya diri. Kesombongan adalah dosa pertama yang pernah ada. karena kesombongan Lucifer jatuh dalam dosa. Jadi jangan banggakan diri kita tetapi banggalah karena ada Yesus di dalam diri kita.

Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Matius 8 : 26. Takut dan Iman adalah dua hal yang bertolak belakang. Kalau orang penuh iman ia tidak punya rasa takut. Tetapi kalau orang sedikit iman ia penuh dengan rasa takut. Takut adalah sesuatu yang negatif tetapi iman adalah sesuatu yang positif. Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. Ayub 3 : 25. Jangan biarkan ketakutan menguasai setiap kita. Manusia pertama diciptakan Allah penuh kuasa, bersalut kemuliaan dan tidak ada rasa takut. Tetapi karena dosa manusia mengalami ketakutan.

Ada dua macam ketakutan. Pertama Takut kepada masalah = salah →Kalah. Kedua takut kepada Allah = benar →Menang. Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?" Markus 4 : 41. Saat melihat apa yang dilakukan Yesus. Murid-muridnya menjadi takut dan ingin tahu lebih lagi siapa Yesus itu. Apakah kita mau menjadi orang yang karena rasa takut kita menjadi percaya Yesus atau kita percaya yesus sehingga tidak ada ketakutan dalam hidup kita? Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; Mazmur 56 : 4. Milikilah pengenalan yang baik kepada Yesus. Taruhlah Firman Tuhan dalam hati kita. Jika kita ingin mengalahkan rasa takut, alihkan lah pandangan kita. Jangan terus melihat masalahmu tetapi lihatlah Allah. Allah kita jauh lebih besar dari setiap masalah kita. Ada tiga hal untuk setiap kita agar bisa menang dari rasa ketakutan kita.

1.Pandang Kepada Allah Sepenuh Iman dengan Nyanyian, Pujian dan Penyembahan

Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah. Mazmur 16 : 8. Apapun masalah kita biarlah mata kita terus tertuju kepada Tuhan. Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi, Mazmur 16:8. Biarlah Nyanyian, pujian dan penyembahan terus kita naikan pada Tuhan apapun kondisi yang kita alami hari-hari ini karena semua itu baik adanya.

2.Membaca, Mendengar dan Melakukan Firman Tuhan


Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya. Yakobus 1 : 25. Biarlah iman kita membaja dan takut kita mencair. Cintailah Alkitab dan bacalah Firman Tuhan setiap hari. Alkitab adalah buku satu-satunya ajaran dari Allah kepada manusia. Lewat Alkitab kita akan belajar ilmu Roh. Karena manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Tidak cukup ilmu tubuh dan jiwa saja yang kita kuasai.

3.Berdoa dan Berserah Kepada Roh Kudus


Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Filipi 4 : 6. Doa bukan tempat kita untuk minta-minta kepada Tuhan. Ada 5 Jenis Doa: Doa minta ampun. Doa minta sesuatu. Doa syafaat. Berdoalah untuk sekitar kita dan jangan fokuskan doa untuk diri kita sendiri. Doa ucapan syukur. Doa pemujaan untuk Tuhan. Doa yang kita lakukan diman kita berdiam diri dan terus memuja Tuhan tanpa meminta apapun untuk Tuhan. Doa ini diibaratkan seperti kita mengelus wajah Tuhan. Doa yang penuh pengagungan dan pemujaan kepada Tuhan. Doa minta ampun dan doa minta sesuatu adalah doa yang mendatangkan berkat buat setiap kita. Tetapi Doa ucapan syukur dan doa pemujaan untuk Tuhan akan mendatangkan mujizat buat setiap kita

Comments