Seni Mendengarkan....


Seni mendengarkan adalah sebuah pengaruh. Indra pendengaran berproses sejak dalam kandungan selanjutnya terdeteksi saat balita mulai belajar berbicara. Seorang bayi yang cepat berbicara biasanya pendengarannya sangat berfungsi maksimal karena berbicara selalu diawali dengan mendengarkan.

Sering dalam kehidupan kita menyaksikan bahwa seorang yang susah berbicara (gagap maupun bisu) selalu bermasalah dengan pendengarannya.  Untuk itu  sebelum menjadi seorang yang berpengaruh dalam berbicara, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah mendengarkan.

Beberapa orang berpengaruh seperti Lyndon B. Johnson pernah menulis di dinding kantornya di Texas saat masih menjadi Senator muda sebagai beriku  you aint learning nothing when you are doing all the talking yang artinya anda tidak akan belajar apa apa, jika anda terus berbicara.  Dan Widrow Wilson Presiden ke-28 USA pernah berkata  telinga seorang pemimpin harus penuh dengan suara rakyat
Sangat pasti bahwa kemampuan mendengarkan secara cerdas adalah kunci untuk mempengaruhi orang lain.

Berikut ini beberapa keuntungan dalam mendengarkan :

#1. Mendengarkan menunjukan rasa hormat
#2. Mendengarkan membangun hubungan
#3. Mendengarkan meningkatkan pengetahuan
#4. Mendengarkan membangkitkan ide
#5. Mendengarkan membangun loyalitas
#6. Mendengarkan menumbuhkan iman dan percaya kepada Tuhan

Memang secara sekilas mendengarkan menguntungkan mereka yang berbicara, tetapi jika anda menjadi pendengar yang baik, maka anda membantu diri anda untuk membangun hubungan dengan rasa hormat, mengumpulkan informasi berharga untuk membangun diri anda sendiri dan orang lain di sekekeling anda .

Comments