Berhasil.... YOSUA 1:7-8


YOSUA 1:7-8
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab deng...an demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Alkitab mengajarkan bahwa keberhasilan adalah sebuah akibat dari suatu sebab. Alkitab berkata,”sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung”. Kata “sebab dengan demikian”, memiliki pengertian bahwa keberhasilan adalah sebuah akibat dari suatu sebab.


Sekarang, Kita mau belajar 3 hal yang harus kita kerjakan jika kita ingin mengalami keberhasilan:

1. Mempersiapkan diri dengan baik

Yosua 1 : 1-2
1:1 Sesudah Musa hamba TUHAN itu mati, berfirmanlah TUHAN kepada Yosua bin Nun, abdi Musa itu, demikian:
1:2 "Hamba-Ku Musa telah mati; sebab itu bersiaplah sekarang, seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu.

Di ayat ke-2, Tuhan berkata kepada Yosua,”BERSIAPLAH SEKARANG ! Hal yang sama Tuhan katakan kepada kita semua,” PERSIAPKANLAH DIRIMU…. (BE READY)…

Saya yakin keberhasilan adalah milik orang-orang yang mau MEMPERSIAPKAN DIRI DENGAN BAIK, karena keberhasilan adalah ketika persiapan manusia dan kesempatan Allah bertemu.

Ini definisi sukses. Sukses artinya ketika persiapan kita bertemu dengan kesempatan dari Tuhan.

Dalam bahasa inggris, istilah yang digunakan adalah moment dan timing. Moment bicara mengenai saat situasi dan kesempatan yang datang dalam hidup saudara, yang tidak bisa saudara tentukan. Sedangkan timing bicara soal kesiapan dan kesigapan saudara dalam mengambil tindakan ketika moment itu datang.

Nah !!! Karena kita tidak pernah tahu kapan moment itu akan datang ke dalam kehidupan kita, maka itu kita harus selalu mempersiapkan diri kita sebaik mungkin setiap hari sehingga ketika moment itu datang, KITA SUDAH SIAP !!! sehingga kita tidak perlu mengalami penyesalan.

Ada Seorang bernama Wayne dyret berkata : “kita jarang sekali menyesal karena sesuatu yang kita lakukan, biasanya kita menderita-menyesal karena ada hal-hal yang seharusnya kita lakukan TIDAK KITA LAKUKAN”.

Oleh karena itu Lakukanlah apa yang saudara harus lakukan.

Dan Lakukanlah itu SEKARANG !!!” karena waktu kita sangat terbatas. Saudara, TUHAN dengan kedaulatan-Nya, seringkali membuka pintu-pintu kesempatan bagi saya dan saudara, dan berbahagialah ketika pintu kesempatan itu terbuka, engkau ada di depan pintu kesempatan itu. Engkau sudah mempersiapkan diri, dan saudara meraih kesempatan emas yang Tuhan berikan, maka keberhasilan akan menjadi milikmu !!!


2. Menguatkan hati (ay. 6, 7, 9).

Yosua 1 : 6,7,9
1:6 Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka.
1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau pergi.
1:9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

Kuatkan dan teguhkan hati.

Kenapa Tuhan berkata demikian sampai 3 kali ???

Karena Tuhan tahu Yosua itu minder untuk menerima penugasan menggantikan kepemimpinan Musa.

Musa adalah pemimpin yang telah memerintah selama 40 tahun.

Dia adalah orang yang diurapi Allah.

Dia mengangkat tangannya, kemudian laut teberau terbelah menjadi dua.

Dia memukulkan tongkat, dan dari batu karang keluar air.

Dia berdoa, manna turun dari sorga,

Dia berdoa lagi, maka burung puyuh dikirim oleh Allah untuk menjadi makanan orang Israel.

Siapa yang bisa menggantikan figur Musa ???

Orang yang begitu berwibawa, orang yang penuh kuasa Allah, orang yang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Allah..

Tapi Alkitab berkata bahwa di akhir perjalanan bangsa Israel sebelum masuk tanah perjanjian, terjadi suatu bencana besar yaitu MUSA MATI, dan kepemimpinan Musa digantikan oleh seorang anak muda bernama Yosua.

Bagi Yosua dan bangsa Israel, peristiwa ini merupakan sebuah PERUBAHAN BESAR dalam sejarah hidup mereka. Bisa saudara bayangkan, seorang pemimpin berkarisma, yang sarat dengan pengalaman DIGANTIKAN oleh seorang anak muda ?

Jelas saja Yosua merasa minder, merasa kecil hati. Tetapi Tuhan berkata, ”Aku menyertai engkau”.. tapi bagianmu adalah Kuatkan dan teguhkan hatimu !!!

Menjaga hati adalah hal yang sangat penting (Ams 4:23) dikatakan : Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan

“Jagalah hatimu baik-baik sebab hatimu menentukan jalan hidupmu”. Jadi apa yang terjadi pada hati saudara - suasana hati saudara menentukan bagaimana saudara hidup…

Perhatikan ini : “Kualitas kehidupan sangat tergantung dari kepandaian seseorang untuk menjaga kondisi hatinya”… Kualitas hidup saudara, bukan tergantung dari penampilan lahiriah semata (apa yang ada di depan mata), tetapi tergatung pada bagaimana saudara menjaga kondisi hati saudara….

Kalau saudara tidak pandai menjaga kondisi hati saudara, maka jangan heran kalau hidup saudara jadi tidak karu-karuan…

karena hati yang benar akan membuat pikiran jadi benar, kalau pikiran jadi benar, maka hidup saudara jadi benar..

kalau hati saudara besar, pikiran saudara jadi besar, maka hidup saudara-pun jadi besar…

Tapi kalau hati saudara kecil, pikiran saudara jadi kecil, maka hidup saudara pun jadi kecil….

Oleh karena itu JAGALAH HATIMU baik-baik.. Hati yang takut, kecut, tawar hati akan membawa kita pada kekalahan, tetapi hati yang kuat dan tangguh akan membawa kita kepada kemenangan. Robert Schuller berkata,”

Masa yang sulit tidak akan bertahan, yang bertahan adalah orang2 yang tekun”.


3. Merenungkan Firman

Yosua 1 : 8
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung

“Siang” artinya ketika ada matahari dan “malam” ketika tidak ada matahari, artinya sepanjang hari.

Merenungkan Firman itu artinya memindahkan Firman ke dalam hidup kita.

Semua yang ada di dalam Alkitab keluar pindah semua masuk ke dalam hidup kita sehingga hidup kita SAMA PERSIS dengan Firman.

Merenung itu artinya cara berpikir yang difokuskan, pemikiran yang diarahkan.

Orang yang merenungkan Firman Tuhan adalah orang yang setelah membaca atau mendengar firman itu, dia mau memikirkannya berulang-ulang sepanjang hari sampai dia mengerti apa artinya dan maksudnya.

Alkitab berkata orang yang merenungkan Firman akan mengalami keberhasilan dalam seluruh hidupnya, karena di dalam Firman ada kunci-kunci untuk berhasil dalam studi, dalam bekerja, bisnis, dalam pernikahan, dalam berkeluarga dll


TUHAN YESUS Memberkati.

Comments