Menjadi Tenang.....



Kamus Bahasa Indonesia memberikan arti tentang tenang sebagai berikut : tidak gelisah: tidak rusuh; tidak kacau; tidak ribut; aman dan tenteram (tt perasaan hati, keadaan) (adjektiva). Dari pengertian tersebut menjadi tenang dapat diarti sebagai upaya pribadi untuk membuat diri sendiri untuk diri sendiri dalam keadaan tidak gelisah dan tidak kacau.

Biasanya untuk menjadi tenang manusia mengambil waktu menyendiri.Tidak selamanya kebiasaan menyendiri dinilai sebagai sesuatu yang negatif. Menyendiri di sini bisa berarti Anda meluangkan waktu untuk memanjakan diri dan melakukan berbagai hal yang Anda suka, tanpa harus terganggu oleh orang-orang di sekitar Anda.

Alkitab menerangkan bahwa sang Lengenda dunia Jesus dari Nazaret sering kali melakukan kegiatan menyendiri untuk menjadi tenang. saat mengemabil Keputusan untuk memilih 12 muridNya beliau mengambil waktu tenang, setelah melaksanakan pelayanan dengan jumlah massa yang besar beliau juga menyendiri untuk tenang, saat akan ditangkap dan dihukum salib beliau mengambil waktu menyendiri untuk tenang dan disebut BERDOA ditaman Getsemani.

Senyatanya apa yang dilakukan Yesus dari Nazareth ini dalam dunia kekinian dibuktikan dalam ilmu pengetahuan melalui penelitian seperti dikutip di laman Psychology Today, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menghabiskan waktu untuk diri sendiri:


1. Anda jadi lebih pintar

Meluangkan waktu untuk diri sendiri lebih dari sekadar “nonton maraton” serial TV terbaru. Banyak orang-orang dengan pribadi introver menghabiskan waktu me-time dengan membaca buku, artikel, atau mendengarkan podcast. Semua kegiatan ini memberikan manfaat yang baik karena membuat otak terus aktif. Bahkan, banyak dari aktivitas menyendiri dikaitkan dengan pencegahan penyakit Alzheimer. Sekadar berbagi informasi, orang-orang sukses seperti Bill Gates, Warren Buffet, dan Oprah menyediakan waktu untuk menyendiri selama 5 jam dalam seminggu untuk belajar sesuatu yang baru.

2. Kesehatan menjadi lebih baik

Waktu menyendiri dapat dimanfaatkan dengan melakukan berbagai aktivitas fisik maupun mental, seperti joging, yoga, meditasi, atau bahkan berdoa. Olahraga rutin dikenal sebagai obat mujarab untuk tubuh dan pikiran, dan telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, meningkatkan kebahagiaan, dan membuat Anda tidak merasa kesepian. Jika Anda memilih untuk menghabiskan waktu untuk berdoa atau hal-hal religius lainnya, hal ini dipercaya dapat mengurangi efek negatif dari stres, serta membawa perasaan menenangkan.

3. Membuat Anda lebih kreatif

Dengan menghabiskan waktu sendiri, seringkali Anda akan mendapatkan ide-ide kreatif yang datang tiba-tiba. Mendadak Anda tahu bagaimana akhir untuk novel yang sedang Anda kerjakan, atau ide cemerlang untuk memulai bisnis baru. Hal ini dapat terjadi karena membiarkan pikiran Anda berkelana bebas dapat membantu tahap inkubasi dalam proses berpikir kreatif, dan ini memungkinkan otak Anda tanpa sadar menyelesaikan latar belakang berbagai masalah yang tengah Anda rasakan.

4. Membuat hati menjadi lebih tenang

Dengan menghabiskan waktu sendiri, Anda dapat memusatkan perhatian pada pikiran dan perasaan Anda sendiri. Menyendiri adalah suatu bentuk perawatan diri yang bisa Anda lakukan secara rutin. Mereka yang rutin menyediakan me-time ini umumnya jauh lebih tenang dan bahagia daripada mereka yang jarang menyediakan waktu sendiri untuk dirinya.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk menyediakan waktu paling tidak 20 menit setiap harinya untuk menyendiri, apalagi jika Anda bekerja di bidang kreatif atau Anda memiliki tingkat kesibukan yang sangat tinggi. Terdengar sederhana memang, tetapi jika dilakukan secara rutin, beberapa manfaat yang disebutkan di atas dapat Anda rasakan. Hidup pun akan terasa lebih ringan sekaligus membuat Anda lebih merasa bahagia.


so, tunggu apa lagi .... mari ambil waktu tenang ... putuskan tentang "me time" dan berdoalah untuk lebih membangun keintiman dengan Tuhan...

Comments