Didamaikan dengan Diri sendiri melalui Natal




Lukas 2:12-14 — “ Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai SEORANG BAYI dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji ALLAH, katanya: "Kemuliaan bagi ALLAH di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-NYA.”

Nyanyian natal juga disebut juga nyanyian damai. Raja Shalom artinya raja damai dan Apa yang dilakukan oleh raja damai. Damai sejahtera itu artinya tetapi damai ditengah-tangah badai. Glory dan peace dua kata yang tidak dapat dipisahkan dimana ada glory disitu ada kedamian.

Kata kemuliaan dalam bahasa yunani Dogsa, artinya kualitas TUHAN. Orang yang penuh dengan kemuliaan TUHAN pasti hidupnya berkualitas. Orang yang berkualitas mempunyai harga yang mahal. Orang yang berkualitas memiliki kekuatan durability atau mempunyai kekuatan yang daya tahan kuat.

Apa yang TUHAN YESUS lakukan bagi dunia ▬> Raja Damai mendamaikan kita. TUHAN YESUS datang ke dalam dunia supaya kita kembali kepada BAPA dan bertobat. Kata kunci adalah "bertobat" bukan nangis. Bertobat itu sendiri artinya kembali kepada kebenaran dan ada dalam kebenaran. "IA diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak." Galatia 4:5

Inilah identitas kita di dalam KRISTUS. Orang yang tidak punya identitas mengalami kebingungan dalam kehidupan ini dan dikalahkan oleh dunia ini. Orang yang tidak mempunyai identitas yang suka dibangun adalah bagian luar, suka menyombongkan diri dan suka iri dengan orang lain. Identitas kita adalah sebagai anak KRISTUS. Kebanyakan kehidupan orang percaya di dorong dari luar bukan dari dalam. Motif kita bukan sungguh-sungguh dari kualitas KRISTUS yang ada didalam hidup kita. Itu sebabnya banyak orang percaya menggunakan cara-cara daging dalam pelayanan.

"Berfirmanlah ALLAH: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Kejadian 1:26

Kata BAPA berasal dari ABBA yang artinya sumber. Orang yang tidak punya sumber yang benar gampang tergoncangkan, iri dengan orang lain dan suka bersaing dan menjatuhkan orang lain. Orang yang memiliki identitas yang benar dalam dirinya akan kuat menghadapai tantangan dalam hidupnya. TUHAN menjadikan kita serupa dan segambar dengan ALLAH, Itu artinya BAPA menjadi sumber dalam kehidupan kita.

Raja damai Membuat kita berdamai dengan diri sendiri.
Orang yang sudah berdamai dengan TUHAN maka ia berdamai dengan dirinya sendiri. Ciri orang yang berdamai dengan dirinya :
1. Tidak suka mengeluh dalam hidupnya,
2. Tidak suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

" Apakah manusia, sehingga ENGKAU mengingatnya ?
Apakah anak manusia, sehingga ENGKAU mengindahkannya ?
Namun ENGKAU telah membuatnya hampir sama seperti ALLAH, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat." Mazmur 8:4-5

TUHAN YESUS memberikan kemuliaan-NYA dalam hidup kita supaya kita dapat memuliakan TUHAN lewat hidup kita. Identitas kita bukan apa kata dunia tetapi apa kata Firman TUHAN oleh sebab itu kita berharga di mata TUHAN.

Kejadian 29:35 — “ Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi." Kata Yehuda artinya ayah para raja. Semua raja lahir dari Yehuda. Oleh sebab itu biarkan raja kemuliaan itu lahir dalam hidup kita agar natal memberikan kedamaian di dalam hidup kita.

Dan Natal Berbicara Sistem Yang Baru
"Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu KRISTUS, TUHAN, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai SEORANG BAYI dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji ALLAH, katanya: "Kemuliaan bagi ALLAH di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-NYA." Lukas 2:10-14

Ada tiga jabatan yang disodorkan melalui firman TUHAN di atas, yaitu Juru selamat, YESUS KRISTUS yang diurapi, dan TUHAN. Kasta TUHAN berasal dari kata YEHOVAH. Orang Israel tidak berani memanggil kata YHWH karena kata itu sangat sakral, kemudian mereka menggantikan dengan kata ADONAI. Kata ADONAI artinya adalah TUHAN atas sistim dunia.

Oleh sebab itu Natal berbicara Memiliki management yang baru, "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan BAPA tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari BAPA, melainkan dari dunia. 1 Yohanes 2:15-16

Management apa yang kita yakini akan teraplikasi dalam kehidupan. Jika kita memiliki management dunia maka itu akan teraplikasi dalam hidup mereka. Apakah managemen dunia itu, yaitu keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. Management dunia itu selalu punya keinginan yang tidak terpuaskan. Orang yang memiliki sistim dunia, selalu hidup dalam daging ingin menonjolkan diri, sombong, menganggap remeh orang lain. Natal berbicara sistim yang baru sudah lahir yaitu kerajaan ALLAH.

Firman TUHAN berkata bahwa kerajaan dunia ini akan lenyap, "Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak ALLAH tetap hidup selama-lamanya." 1 Yohanes 1:17

Krisis sedang terjadi dimana-mana dan firman TUHAN sedang digenapi karena firman TUHAN ini pasti akan terjadi oleh sebab itu orang yang ada pada sistim dunia akan lenyap dan semakin merosot. Tetapi firman TUHAN berkata orang yang melakukan kehendak ALLAH tetap hidup selama-lamanya.

Management yang baru ditandai dengan kesederhanaan
▬> Lukas 2:12 — “ Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai SEORANG BAYI dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Sistim kerajaan ALLAH berbeda dengan sistim kerajaan dunia Management yang baru itu ditandai dengan "simplicity" (sederhana) sistim kerajaan ALLAH itu sederhana. Orang yang sederhana itu tidak sombong dan mempunyai fleksibilitas. Orang sederhana tidak congkak dan gampang terhubung dengan orang lain. Oleh sebab itu sistim kerajaan TUHAN itu sederhana.

▬> Kejadian 29:35 — “ Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi." Rasa aman kita harus ditaruh pada TUHAN YESUS bukan pada hal-hal yang lahiriah. Arti kata Yehuda adalah ayah dari para raja. Seluruh raja-raja Israel datang dari Yehuda. Bahkan TUHAN YESUS KRISTUS kalau kita tarik asalnya dari Yehuda.

▬> Galatia 5:16-17 — “ Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki."

Sistim Kerajaan KRISTUS dengan kerajaan dunia itu berlawanan dan sistim yang baru itu ditandai dengan adanya kemuliaan, damai sejahtera dan perkenanan TUHAN, "Sistim apa yang kita anut kita akan digiring ke sana. Tetapi sistim kerajaan yang baru ditandai dengan, "Kemuliaan bagi ALLAH di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-NYA." Lukas 2:14
Amin…TUHAN YESUS Memberkati.

Comments