Eutikus Tertidur di Gereja..???






Eutikhus {bahasa Inggris: Eutychus) adalah seorang Kristen di Troas pada abad pertama Masehi yang disebut dalam Perjanjian Baru, bagian dari Alkitab Kristen. Ia dibangkitkan dari kematian oleh Paulus. Nama Eutikhus berarti "beruntung". Sedikit riwayatnya dicatat dalam Kisah Para Rasul 20.

Ketika Paulus dan rekan-rekannya dalam perjalanan (terakhir) menuju Yerusalem, ia berhenti di Troas selama 7 hari. Pada hari pertama dalam minggu itu (= hari Minggu), jemaat berkumpul untuk memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ, karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya. Pembicaraan itu berlangsung sampai tengah malam. Di ruang atas, tempat mereka berkumpul, dinyalakan banyak lampu.

Seorang muda bernama Eutikhus duduk di jendela. Karena Paulus amat lama berbicara, orang muda itu tidak dapat menahan kantuknya. Akhirnya ia tertidur lelap dan jatuh dari tingkat ketiga ke bawah. Ketika ia diangkat orang, ia sudah mati. Tetapi Paulus turun ke bawah. Ia merebahkan diri ke atas orang muda itu, mendekapnya, dan berkata: "Jangan ribut, sebab ia masih hidup." Setelah kembali di ruang atas, Paulus memecah-mecahkan roti lalu makan; habis makan masih lama lagi ia berbicara, sampai fajar menyingsing. Kemudian ia berangkat. Sementara itu mereka mengantarkan orang muda itu hidup ke rumahnya, dan mereka semua merasa sangat terhibur.

Tidak ada alasan yang jelas kenapa Eutikus tertidur tetapi paling tidak ada 2 kemungkin, antara lain :

#1. Karena seharian Eutikus bekerja sehingga ia kelelahan
#2. Karena khotbah yang disampaikan sudah terlalu larut malam
#3. Karena khotbah Rasul Paulus Membosankan.

Dalam kondisi kekinian, kita juga menemukan ada yang tertidur dalam Gereja pada saat sebuah Khotbah disampaikan. Reaksi Kebanyakan jemaat melihat kondisi tersebut adalah menertawainya dan menghakimi tanpa melihat dari sisi yang bersangkutan. Kita juga harus pahami bahwa mebghadiri ibadah bukan hanya kehadiran fisik tapi kahadiran secara roh dan jiwa sehingga saat ibadah koneksi kita dengan Tuhan terjadi secara utuh roh, jiwa dan tubuh.

Eutikus yang dibangkitkan.


Kondisi kekinian kita ada yang seperti Eutikhus sementara tertidur, tidak sedikit anak-anak Tuhan yang juga “tertidur” dan jatuh dalam dosa, justru saat kebenaran Firman Tuhan diwartakan. Namun jatuhnya Eutikhus adalah kisah indah tentang anugerah Tuhan. Remaja itu dibangkitkan, dan menjadi saksi yang hidup bagi orang-orang di Troas. Apa yang pernah Anda alami mungkin bukan kisah yang dramatis. Anda tidak dibangkitkan dari kematian. Tetapi, ketika Tuhan Yesus memanggil Anda, Ia telah membangkitkan Anda dari “kematian” yang lain. Anda mungkin dibangkitkan dari kematian ekonomi dan karier yang sempat di titik nadir. Anda mungkin dipulihkan dari hubungan yang rusak, dari keputusan yang salah dan sudah “membunuh” harapan hidup Anda. Anda mungkin dipulihkan dari kesehatan dan kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Anda mungkin sudah terbelenggu dalam kefasikan, dan Tuhan memberikan Anda hidup yang baru.

Mari kita tunjukkanlah kepada orang-orang di sekitar Anda, bahwa seperti Eutikhus, Anda sudah dibangkitkan. Inilah saatnya Anda menjadi Saksi Kristus, bahwa Tuhan sudah membuat suatu perubahan besar dalam hidup Anda.


Semoga bermanfaat ...

Comments