Defenisi Filsafat ... Etimologi dan Menurut Para Ahli



Secara etimologi, filsafat berasal dari bahasa Arab yakni falsafah. Dalam bahasa Yunai kata filsafat berasal dari kata philosophia (cinta) dan Sophia (kebijaksanaan). Dari dua kata tersebut dapat kita simpulkan bahwa filsafat berarti orang yang mencintai kebijaksanaan. Simpelnya, filsafat adalah kegiatan berpikir seseorang secara sistematis, radikal dan bebas untuk menemukan kebenaran.


Defenisi Filsafat Menurut Para Filsuf itu sendiri :



#1.Aristoteles (384 SM - 322SM):

Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran, yang di dalamnya terkandung ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika (filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda).

#2.Plato (427SM - 347SM):

Filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli).

#3. Al-Farabi (meninggal 950M), filsuf Muslim terbesar:

Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.

#4. Immanuel Kant (1724 -1804) Filsafat itu ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan, yaitu:

" apakah yang dapat kita ketahui? (dijawab oleh metafisika)

" apakah yang dapat kita kerjakan? (dijawab oleh etika)

" sampai di manakah pengharapan kita? (dijawab oleh antropologi)

#5. Drs H. Hasbullah Bakry:

filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia, sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia, dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

#6 Harold H. Titus

Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi. Harold H.Tifus membagi pengertian filsafat menjadi 5 buah yaitu: (1) filsafat adalah kumpulan dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasa diterima secara kritis, (2) filsafat adalah suatu proses pemikiran atau kritik terhadap kepercayaan (believe) dan sikap (attitude) yang sangat kita junjung tinggi, (3) filsafat adalah usaha untuk mendapatkan gambara secara keseluruhan, (4) filsafat adalah analisa logis dari bahasan serta penjelasan tentang konsep dan kata, (5) filsafat adalah sekumpulan masalah-masalah (problema problema) yang secara langsung mendapat perhatian manusia dan yang dicari dijawabnnya oleh ahli filsafat.


Semoga bermanfaat ...

Comments