Malu Seperi Ezra… Ezra 8:21-23




Ezra 8:21 (TB) Kemudian di sana, di tepi sungai Ahawa itu, aku memaklumkan puasa supaya kami merendahkan diri di hadapan Allah kami dan memohon kepada-Nya jalan yang aman bagi kami, bagi anak-anak kami dan segala harta benda kami.

Ezra 8:22(TB) Karena aku malu meminta tentara dan orang-orang berkuda kepada raja untuk mengawal kami terhadap musuh di jalan; sebab kami telah berkata kepada raja, demikian: "Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamatan mereka, tetapi kuasa murka-Nya menimpa semua orang yang meninggalkan Dia."

23 Jadi berpuasalah kami dan memohonkan hal itu kepada Allah dan Allah mengabulkan permohonan kami.

berikut ini saya mengutip pernyataa Mahatma Gandi yang populer tentang kekristenan :




Kalo kamu menyebut Yesus adalah Tuhan, Saya Percaya. Ajaran Yesus memang Luar Biasa. Saya hampit saja menjadi Kristen, tapi saat saya melihat cara hidup orang Kristen, maa saya berkeputusan untuk tdak menjadi Kristen. Mengapa, karena orang Kriste inggris di Afrika Selatan dan India banyak melakukan kekerasan, merampas bahkan membunuh dan memperkosa para wanita India waktu itu…..

Saya juga ingat cerita tentang orang Rote pertama kali mendengar Injil dari Tentara Belanda, dimana dalam sebuah kerja paksa serdadu Belanda tersebut terus menerus menawarkan Surga kepada seorang To’o …. Sampai akhirnya to'o itu menjawab :

Apakah Tuan juga nantinya berada di surga??? selidik to'o

tentara BELANDA menjawab dengan bangganya …Ow TENTU….!......

TO’O menjawab dengan wajah kecewa …. Kalo begitu saya tidak mau ke surga…!

Kenapa? jawab Serdadu Belanda

jika saya ke surga nanti, maka Tuan menghukum saya, menghina saya, bahkan membunuh saya …..!!!


CARA HIDUP KITA BISA MEMPERMULIAKAN NAMA TUHAN ATAU JUSTRU SEBALIKNYA MEMPERMALUKAN NAMA TUHAN….

Ada satu hal yang dibutukan kita sekarang ini, yaitu MALU SEPERTI EZRA… …

Ezra dan umat Israel Berdoa da berpuasa …… Tujuannya keslamatan , keamanan seluruhnya termasuk harta benda…. Karena Ezra malu meminta kepada Raja sebab sebelumnya ia telah menyatakan IMANNYA bahwa Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamatan mereka, tetapi kuasa murka-Nya menimpa semua orang yang meninggalkan Dia." (ayat 22)

Nabi Yesaya pernah berkata dalam Yesaya 5:20……. Celakalah mereka yang menyebutkan kejahatan itu baik dan kebaikan itu jahat, yang mengubah kegelapan menjadi terang dan terang menjadi kegelapan, yang mengubah pahit menjadi manis, dan manis menjadi pahit.

Sekrang ini telah terjadi degradasi .... Orang tidak malu alias banga lakukan dosa, bangga lakukan kesalahan…..

Ada beberapa hal yang membuat cara hidup kita bisa mempermalukan NAMA Tuhan :


#1. Kalo kita tidak berintegritas.

Mulut kita palNig sering bicarakan Tuhan, menyembah dengan menyanyikan lagu rohani setiap kali ada kesempatan, setiap saat mengcapkan Haleluyah bahkan latahnyapub hanya sebut Haleluyah tapi kita# juga paling cepat hakimi orang, paling cepat lecehkan orang dengan kata kata kita, paling cepat ini dan itu…. Dan ini masalah… seperi Ezra seharusya kita malu jika kita justru melakukan bagian bagian ini.

#2. Jika kita tidak memenuhi Nazar dan Komitmen kita

kita banyak berikan janji kepada Tuhan, saya mau berintegritas, saya mau rendaha hati, saya mau murah hati, saya mau jaga diri untuk Kudus, saya mau berdoa, saya lakukan ini dan itu …. Tetapi kita selalu punya alasab untuk tidak memenuhi komitmen kita ….. yahhhhh kita permalukan Tuhan

#3. Kita selalu memberikan yang Sisa bukan yang terbaik…..

Slogan GBI sekarang ini adalah Exelen Service …. Beri yang terbaik karena Tuhan Yesus sudah Memberi yang terbaik ….. miskin…. Dikatai betzebul…. Ditangkap sepeerti penjahat karena dating dengan sejanjata lengkapa…. Beri diri disalib dengan resiko terpisah dari Bapa di surge tetapi TUHAN YESUS TETAP berkomitmen BERI YANG TERBAIK….
PELAYANAN APA yang dipercayaan Gereja kepada kita hari ini …. Singers, pendoa, penari, WL, Musisi, operator….. maka mari kita beri terbaik yang punya …. Jang siap asal asal….. jang lalukan asal asal tapi yang terbaik

#4. Jika kita kuatir lalu kita andalkan Manusia…

Ezra kuatir akan upaya mereka kembali ke Yerusalem, karena seelumnya mereka telah Gagal… dan untuk jaminan keselamatan dan keberhasilan seharusnya Ezra bias mengandalkan Raja Persia… karena Ezra adalah Penasehat Raja … tapi Ezra malu andalkan Manusia… kita melihat disekelilig kita ada yang tidak malu untuk berhasil andalkan yang lain…. Katabelece, manupulasi atau lakukan cara cara yang haram untuk mencapai keberhasilan…..


. Ezra kuatir … ragu ragu akan keberhasilnnya tetapi saat itu terjadi Ia justru Andalkan Tuhan ….. dan deklarasi bahwa Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamatan mereka, tetapi kuasa murka-Nya menimpa semua orang yang meninggalkan Dia." (ayat 22)

Dari cara Ezra berdoa … kita bisa pelajari Bahwa DOa yang tidak mempermalukan Tuhan adalah

1. Doa dengan kehidupan berintegristas

2. DOa dengan mendeklarasikan Iman

3. Doa dengan Kerendahan hati.


Semoga kita tetap berusaha menjadi suratan Kristus yang terbuka .... AMin

Comments