Kemerdekaan berbuat Dosa???? ... GALATIA 5 : 1-15




GALATIA 5 : 1-15 Ayat kunci: ay. 13 ¶ Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Kematian Tuhan Yesus di kayu salib, kebangkitan-Nya dari kubur telah memerdekakan setiap orang yang percaya kepada-Nya dari perbudakan kutuk dosa. Dosa sebagai tuan tidak memiliki kuasa lagi atas kita manusia yang mewarisi dosa Adam. Kristus dengan darah-Nya yang tercurah di kayu salib telah membersihkan setiap orang yang percaya kepada-Nya dari penjajahan dosa. Kita tahu “semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaaan Allah” dan upah dosa adalah maut.

kemerdekan rohani yang diberikan Allah kepada kita yang percaya bisa diselewengkan menjadi kemerdekaan yang tanpa disiplin rohani, kebebasan yang tanpa kebenaran dan keadilan, kemerdekaan rohani yang dilecehkan oleh orang Kristen sendiri.Kemerdekaan kristen adalah kemerdekaan bersyarat atau kemerdekaan yang bertanggung jawab. Jika tidak maka orang kristen bisa saja menganggap sepi anugerah kemerdekaan dengan tetap dalam dosa.

Bagaimanapun kemerdekaan orang Kristen itu adalah kemerdekaan yang terkendali bukan kemerdekaan yang semaunya tanpa control disiplin rohani.Paulus menjelaskan apa yang bukan dimaksud dengan kemerdekaan orang Kristen :

#1. Kemerdekaan orang Kristen bukanlah kemerdekaan untuk menuruti keinginan daging / hawa nafsu.

Merdeka dalam Kristus bukan berarti bebas merdeka melakukan dosa, Gal 5: 24: Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Gal 5: 13 ¶ Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Apa itu keinginan daging? Kata daging dari kata Sarkos: Flesh artinya: human weakness because of the fall of mankind in Genesis 3 (Rom. 6:19; 7:18) Kelemahan manusia karena kejatuhan manusia Adam yg tergoda oleh Iblis di taman Eden ( Kej 3). Keinginan daging yang ada pada manusia yg adalah kelemahan manusiawi jika tidak dikendalikan oleh Roh Kudus, itu akan muncul menjadi perbuatan daging seperti yang Paulus daftarkan dalam Gal 5: 19-21 :

Gal 5: 19-21: Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, (dosa seksual,pornografi,free sex)

20 penyembahan berhala, sihir, (okkultisme) perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,

21 kedengkian,(egoisme) kemabukan, pesta pora (hedonisme) dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu — seperti yang telah kubuat dahulu — bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. (diulang) .


#2. Kemerdekaan orang Kristen bukanlah kemerdekan untuk membuat rugi sesama


…melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. ( Gal 5: 13) . ay. 14-16 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!” 15 Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan. Ay.26. dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki. …janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. ( Fil 1: 12)


#3.Kemerdekaan orang Kristen bukanlah kemerdekaan untuk mengabaikan hukum Allah (antinomianisme)


Kalau pada ayat 2- dst Paulus menegur orang Kristen yang mau kembali kepada hukum sunat sebagai syarat keselamatan (legalisme) bukan melalui anugerah dengan iman kepada Kristus maka sebaliknya Paulus pada ayat 13 menegur orang Kristen yang justru ingin bebas dari disiplin rohani, dari menjaga kekudusan dengan pertolongan Roh Kudus dan firman Tuhan. Sehingga kemerdekaan orang Kristen sepertinya bebas semaunya tanpa mentaati hokum moral Allah. …some people think that being free from the law means that we’re no longer responsible to obey the moral commandments of God. Ada orang yang berpikir kalau kita bebas dari hukum berarti tidak lagi bertanggung jawab mentaati perintah-perintah moral dari Allah. Kalau begitu apakah arti merdeka dari hukum Taurat? Artinya merdeka atau bebas dari berusaha untuk mendapatkan keselamatan melalui melakukan hukum Taurat. Artinya merdeka dari berusaha untuk berusaha mempertahankan standar kekudusan Allah tanpa kesanggupan ilahi. Gal 5: 55 Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan.



Merdeka! Tuhan Yesus memberkati

Comments