Waspada ..... 1 Petrus 5:8=9




1 Petrus 5:8-9

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis , berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.



Sebuah peristiwa tragis terjadi di sebuah resto di Kota Foshan, Provinsi Guangdong, Tiongk Agustus 2014 lalu. Koki di restoran tersebut tewas digigit ular. Ironisnya, ia digigit kepala ular yang sudah dipenggal 20 menit sebelumnya! Akibatnya, suasana dinner di restoran langsung heboh. Peristiwa langka tersebut bermula ketika Peng Fan, juru masak yang tewas itu, sedang memasak sup spesial ya bahan utamanya adalah ular kobra. 'Awalnya, Peng mengolah menu Resto itu dengan memenggal kepala ular kobra Indochina. Lalu ia memisahkan bagian tubuh dan kepala ular tersebut. Namun, saat si koki membuang kepala ular yang sudah terpisah dengan badan 20 menit sebelumnya, kepala itu lantas menggigitnya! Nyawa Peng pun tak terselamatkan, karena racun sudah menyebar ke dalam sel tubuhnya. Tim medis sudah terlambat datang untuk memberikan vaksin.


Lalu mengapa ular yang kepalanya sudah terpisah dari tubuhnya masih bisa menggigit dan mematikan? Pakar ular Yang Hong-Chang, yang mempelajari ular kobra selama 40 tahun, memberikan jawabannya. Yang mengatakan bahwa reptil masih bisa hidup hingga 1 jam sejak kehilangan sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. "Sangat mungkin kepala ular itu masih hidup dan menggigit tangan koki Peng Fan. Saat ular itu kehilangan kepalanya,secara fungsi tubuh ular itu sudah mati, namun masih ada sedikit gerak refleks dari bagian tubuh itu, " uj ar Yang. "Artinya, ular masih bisa menggigit dan menyuntikkan bisanya bahkan di saat kepala dan badannya terpisah, " tambah Yang. Ular kobra jenis Indochina kerap dijadikan salah satu bahan makanan lezat di Asia, termasuk Tiongkok. Reptil yang ukuran rata-ratanya sekitar lima kaki ini kerap ditemui di negara Asia Tenggara. Dan walau punya bisa yang sangat mematikan, namun bisa ular ini juga bisa dijadikan obat setelah diolah.


Kisah ular kobra yang telah dipenggal kepalanya namun masih bisa menggigit bahkan mematikan, mengingatkan kita pada Iblis. Iblis telah dikalahkan oleh Tuhan Yesus melalui kematianNya di kayu salib, kita telah dilepaskan dari kuasa Iblis (lbr 2:14-15). Bahkan kepalanya telah diremukkanNya (Kej 3: 15). Namun demikian, ia masih punya "bisa" yang mematikan dan masih bisa "menggigit" orang percaya. Ia masih punya kuasa yang licik untuk memperdaya dan mengalahkan orang-orang percaya. Alkitab menceritakan bagaimana Iblis memperdayai dan mengalahkan orang percaya dengan memelintir Firman Tuhan, memelintir Firman ga Tuhan saat bertemu Hawa, memelintir Firman Tuhan saat bertemu Musa sehingga Musa marah dan memikul batu bukan sesuai Firman Tuhan, memelintir Firman Tuhan saat Petrus dalam tekanan ditudukan bersekongkol dengan Tuhan Yesus sehingga Petruspun menyangkal Tuhan Yesus, bahkan pada Tuhan Yesus sendiri, Iblis memelintir Firman Tuhan dengan mengatakan “ada tertulis”. Tujua utama iblis memelintir Firman Tuhan adalah menimbulkan keraguan dalam orang percayada yang pada gilirannya mematikan Iman sehingga Kuasa Tuhan tidak bermanifestasi secara utuh.


selalulah waspada terhadap Iblis dan tidak lengah sedikit pun dalam menghadapinya. lawanlah dengan iman yang teguh. Dengan percaya pada kuasa Tuhan, dan selalu ada dalam ├▒rmanNya.

Semoga bermanfaat .....

Comments