Terobosan Abraham ... Kejadian 12:7-8







Thomas Alfa Edison, penemu lampu pijar, seorang anak yang dikatakan tuli dan bodoh berhasil mengalami terobosan dalam hidupnya dengan ketekunannya melakukan percobaan ketika membuat lampu pijar lebih dari 1000x percobaan.


Abraham, seorang yang banyak sekali gagal dalam hidupnya, namun dari keturunannya lahir sosok terbesar sepanjang masa, TUHAN YESUS KRISTUS. 4 kunci Abraham mengalami terobosan dalam kelemahan :


1. Mengalami perjumpaan dengan ALLAH


Kejadian 12:7-8 — “ Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "AKU akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya. Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN."


Abraham membangun mezbah karena ia berjumpa dengan TUHAN,
bukan karena menerima janji berkat masa depan. Saat kita berjumpa dengan kasih TUHAN, sehingga hati kita bergetar,
kita berjumpa dengan TUHAN. Banyak kita yang mengejar janji-janji TUHAN yang luar biasa, tapi kejarlah perjumpaan dengan TUHAN.
Putuskan mau kejar berkat atau kejar TUHAN ?


2. Melekat kepada ALLAH walaupun diberkati


Kejadian 12:8 — “ Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN."
Bethel (Beth dan El, Rumah ALLAH)


Home vs House : (Home tempat kita nyaman berlama-lama didalamnya, House bangunan rumah meskipun sangat mewah dan bagus, tapi belum tentu jadi "home")


Apakah kita betah berlama-lama dalam Hadirat TUHAN ?

Kejadian 13:2-4 — “ Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya. Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel, di mana kemahnya mula-mula berdiri, antara Betel dan Ai, ke tempat mezbah yang dibuatnya dahulu di sana; di situlah Abram memanggil nama TUHAN."
Adakah kita masih kembali kepada Bethel saat kita semakin diberkati ?


3. Memilih yang benar dengan cara pandang TUHAN


Kejadian 13:10-11 — “ Lalu Lot melayangkan pandangnya dan dilihatnyalah, bahwa seluruh Lembah Yordan banyak airnya, seperti taman TUHAN, seperti tanah Mesir, sampai ke Zoar. Hal itu terjadi sebelum TUHAN memusnahkan Sodom dan Gomora. Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka berpisah."
Lot melihat dengan matanya dan memilih tanah yang salah, tanpa tanya TUHAN. Tanya TUHAN, karena TUHAN YESUS memandang jauh ke depan yang mata kita tidak bisa lihat.


4. Membuang selubung dan terobosan terjadi


Kejadian 13:14-15 — “ Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan, sebab seluruh negeri yang kau lihat itu akan KU-berikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya."
Setelah Lot berpisah dari Abram, (koma)
Berfirmanlah TUHAN kepada Abram : Kalau Lot tidak berpisah dengan Abram, akankah ada Firman dari TUHAN kepada Abram? Tidak, ini sebab akibat.


Lot adalah selubung bagi Abraham, dari awal TUHAN berfirman tinggalkan sanak saudaramu dan keluar ke negeri yang TUHAN mau, tapi Lot ikut Abraham keluar.


Apa yang jadi selubungmu ?


Bila kasih kepada orang tua, anak, asset anda lebih dari TUHAN, apa yang saudara susah lepaskan, itu adalah selubung yang menghalangi janji TUHAN.


Berpisah = to breakthrough, diterobos, bukan TUHAN YESUS KRISTUS sekonyong-konyong kasih terobosan, tapi kita harus ambil langkah baru terobosan itu terjadi.


Abraham yang harus memutuskan untuk berhenti dan memilih jalan
masing-masing kepada Lot dan Abraham.


Apakah kita tunggu TUHAN YESUS melakukan sesuatu, tunggu TUHAN YESUS buat mujizat, baru kita mau melangkah ?

Kita harus melangkah, pisahkan selubung itu.
Apakah janji TUHAN YESUS KRISTUS itu ?

Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri .....
Untuk selama-lamanya.

Selama-lamanya, bukan 7 keturunan saja, ini berkat bangsa-bangsa, bukan hanya berkat personal.


Siapa yang businesman ? Karyawan ?
Strategi iblis berubah sekarang.


Dulu anak-anak TUHAN berdoa agar TUHAN YESUS buka pintu, dan iblis menghalangi. Sekarang iblis buka pintu lain di sebelah pintu TUHAN, kalau perlu dua pintu, agar anak TUHAN yang tidak peka salah masuk pintu. Pintu yang iblis tawarkan terlihat menjanjikan, penuh berkat, pintu yang dari TUHAN YESUS terlihat lebih sesak, perlu perjuangan, tapi kalau kita masuki pintu TUHAN YESUS ujungnya pasti berkat, sedangkan pintu iblis adalah kehancuran.


Semoga bermanfaat. ..




Comments