Masalah kecil ahhhhh!!!





Amsal 14:15 “ orang yang tak berpengalaman percaya kepada setiap perkataan, tetapi orang yang bijak memperhatikan langkahnya.

Pada temperamen manusia seperti yang dikemukakan oleh Socrates, maka dari 4 temperamen ,maka temperamen Sanguin dan plegmatik yang paiing tinggi sikap anggap remeh. Anggap sepele dapat dilihat pada kisah tentang Bobby Leach

Bobby Leach (1858-1926) adalah seorang stuntman terkenal pada Sekitar tahun 1911 hingga 1920-an. Bobby Leach pernah terjun bebas dari puncak air terjun Niagara pada tanggal 25 Juli 1911 menggunakan sebuah tong yang bentuknya menyerupai kapsul. la selamat dan hanya mengalami cedera. Seteelah enam bulan ia akhirnya pulih dari cedera dan kemudian berkeliling Kanada, Amerika Serikat dan inggris untuk menceritakan kisahnya. Kisah keberaniannya menjadi pembicaraan di mana-mana. Ketenarannya melebihi Annie Taylor, stuntman pendahulunya yang juga pernah terjun dari puncak air terjun Niagara.

Namun pada tahun 1926, saat tur publisitasnya di Selandia Baru, Leach terluka kakinya ketika ia terpeleset kulit jeruk (menurut beberapa laporan, itu adalah kulit pisang). Kakinya mengalami infeksi, dan akhirnya harus diamputasi. Bobby Leach kemudian meninggal dua bulan kemudian.


Sebuah pepatah kuno mengatakan "Bukan gunung yang menyebabkan orang jatuh, namun kerikil di tepi jalan-lah yang membuat ia tergelincir”. Seorang Bobby Leach yang dengan berani terjun dari puncak salah satu air terjun dengan volume terbesar di dunia, ternyata meninggal dunia karena tidak waspada pada hal yang sepele.
-

Dapat disimpulkan bahwa bukan hanya keberanian yang dibutuhkan dalam menghadapi sebuah tantangan, namun hikmat dan persiapan matang. Jika kita hanya modal berani (dalam bahasa Jawa: bonek atau bondo nekat --~ modal nekat) tanpa perhitungan dan hikmat, maka potensi tergelincir, terjatuh dan gagal akan lebih besar; Oleh sebab :itu Bobby Leach mampu menghadapi tantangan berbahaya di hadapannya karena ia melakukan persiapan yang matang, dengan penuh 'kewaspadaan dan kehati-hatian.


Namun, sama seperti halnya Bobby Leach, kita sering melakukan persiapan matang untuk menghadapi tantangan besar, namun pada saat tidak menghadapi tantangan besar, kita tidak waspada dan; terkadang mengesampingkan hal-hal kami yang seharusnya tidak boleh dilupakan. Oleh sebab itu,jagalah diri Anda untuk tetap waspada dalam menghadapi setiap tantangan kehidupan.

Jangan sampai Anda justru jatuh karena hal-hal yang Anda anggap remeh. Perhatikan setiap langkah Anda! Orang bijak senantiasa memperhatikan setiap langkahnya, selalu waspada apakah jala-n yang dilalui bisa membuatnya tergelincir atau tidak. Bukan hanya keberanian yang kita butuhkan dalam menjalani kehidupan, namun klta Juga membutuhkan hikmat dan kewaspadaan.
Bagaimana dengan Anda?

Semoga bermanfaat ......

Comments