Dikenan Tuhan dihormati sesama




Kisah Para Rasul 13:22 bersaksi tentang pribadi yang dikenan Tuhan : "Aku telah mendapatkan Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku".

Daud adalah pribadi yang berkenan di hadapan Allah dan ia juga orang yang dihormati manusia sampai hari ini. Tahun 1996, di Israel dirayakan hari ulang tahun Daud yang ke 3.000 di mana seluruh Israel bersukacita, dan sampai hari ini, Daud adalah orang yang paling dihormati di sana.

Apa yang dikerjakan Daud sehingga ia berkenan kepada Allah dan dihormati manusia?

Kita dapat banyak belajar dari Daud; juga belajar dari kesalahan-kesalahan dan dosa-dosa yang dilakukan Daud supaya kita tidak jatuh dalam dosa yang seperti itu.

4 hal yang dilakukan Daud yang dapat kita teladani sehingga Dapat dikenan Tuhan dan dihormati sesama sebagai berikut:

#1. Daud tidak pernah menyalahkan orang lain dan cepat bertobat dari kesalahannya.

Ketika ia mau dihukum oleh Tuhan melalui nabi-Nya, ia tidak pernah menyalahkan orang lain. Ada contoh lain di Alkitab, misalnya Saul, ketika ditegur ia malah menyalahkan orang lain. Tetapi Daud tidak pernah seperti itu, sebab kalau ia dinyatakan bersalah, maka ia langsung mengakuinya dan segera minta ampun.

#2. Daud begitu menghormati otoritas orang yang berada di atasnya.

Daud itu luar biasa, bagaimana sikapnya kepada orang yang di atasnya yang berkali-kali mau membunuhnya. Daud mendapat kesempatan untuk membunuh Saul, tetapi Daud menolaknya sebab ia berkata, "Aku tidak mau menjamah orang yang diurapi Tuhan! Kalau mau dihukum, biarlah tangan Tuhan saja yang menghukum!" demikianlah Daud tidak mau menjamah orang-orang yang berada di atasnya (1 Samuel 24:7).

#3.Daud percaya bahwa Tuhan sanggup mengubah kutukan menjadi berkat baginya.

Simei, seorang bawahan Daud memaki-maki Daud ketika Daud lari dari anaknya Absalom. Mendengar makian Simei itu, Abisai (pengawal Daud) berkata kepadanya, "Bagaimana tuanku, apakah ditebas saja batang lehernya?" tetapi di sini justru Daud memarahinya dan berkata, "Jangan lakukan itu, siapa tahu memang Tuhan yang menyuruh dia memaki-maki aku? Dia memaki-maki aku, tetapi anakku saja mau membunuh aku. Tetapi sebagai ganti aku dimaki-maki olehnya biarlah aku diberkati oleh Tuhan" (2 Samuel 16:5-12). Ini sungguh luar biasa, hal-hal yang seperti Daud itulah yang kita perlu banyak belajar.

#4. Daud adalah orang yang sangat mengasihi Tuhan.

Yang paling luar biasa adalah Daud adalah orang yang sangat mengasihi Tuhan. Ia adalah seorang pemuji dan pemazmur. Daud suka bercakap-cakap dengan Tuhan. Kitab Mazmur yang berjumlah 150 pasal itu, 73 pasal di antaranya yang ditulis oleh Daud. Dialah yang dipercaya oleh Tuhan untuk membawa pola sorgawi dalam doa, pujian dan penyembahan yang dilakukan di bumi.

Mazmur 23 adalah karya seorang penyembah yang sangat mengasihi Tuhan. Bahkan karya ini tidak dapat dibandingi dengan karya modern yang penuh dengan aplikasi digital.

Selain itu Salah satu Mazmur yang menarik adalah Mazmur 103:1-2 yang berkata, "Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!"

Kalau kita membaca Mazmur di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa Daud sering memerintahkan jiwa dan batinnya untuk memuji Tuhan. Kadang-kadang kita sulit untuk memuji Tuhan. Saya pun mengakui akan hal ini.

Kadang kita sulit memuji Tuhan karena:

*. tekanan dalam kehidupan yang begitu berat,
*. masalah yang menumpuk
*. melihat sesuatu yang tidak cocok dengan hati kita,

sehingga rasanya untuk memuji Tuhan dalam keadaan seperti ini sulitnya bukan main. Tetapi Daud tahu bagaimana caranya, yaitu kalau dalam keadaan seperti ini, kita harus memerintah jiwa dan batin kita. Mengapa?
Mazmur 22:4 berkata bahwa Tuhan bersemayam di atas pujian kita. Kadang-kadang memang ada orang yang doanya sambil mengomel minta-minta kepada Tuhan, dalam hal ini tentu saja doanya tidak dijawab. Sebab kita harus menyenangkan hati Tuhan terlebih dahulu. Dan ketika kita memuji dan menyembah Tuhan, maka Ia yang bersemayam di atas pujian kita dan Dia yang mempunyai segala sesuatu itu akan memberikan kepada kita apa yang kita butuhkan!

Tuhan memberkati.... Semoga bermanfaat...

Comments