7 Destinasi wisata di Kota SOE dan Sekitarnya



Masa liburan adalah masa yang menyenangkan bagi keluarga maupun pribadi lepas pribadi apa lagi bagi mereka yang sibuk. Biasanya beberapa orang telah merencanakan untuk mengisi liburan dengan berwisata jauh jauh hari sebelumnya. Wisata sendiri artinya adalah kegiatan secara bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, dan lain-lain. Berikut ini alasan kegiatan wisata dilakukan, yakni :


A. Escape. melepaskan diri dari lingkungan yang dirasakan menjemukan, atau kejenuhan dari pekerjaan sehari-hari.

B. Relaxation. Keinginan untuk penyegaran, yang juga berhubungna dengan motivasi untuk escape di atas.

C. Play. Ingin menikmati kegembiraan, melalui berbagai permainan, yang merupakan pemunculan kembali dari sifat kekanak-kanakan. dan melepaskan diri sejenak dari berbagai urusan yang serius.

D. Strengthening family bonds. Ingin mempererat hubungan kekerabatan. khususnya dalam konteks VFR (Visiting Friends and Relations). Keakraban hubungan kekerabatan ini juga terjadi di antara anggota keluarga yang melakukan perjalanan bersama-sama, karena kebersamaan sangat sulit diperoleh dalam suasana kerja sehari-hari di negara industri.

E.Prestige. untuk menunjukkan gengsi, dengan mengunjungi destinasi yang juga merupakan dorongan untuk meningkatkan status atau derajat sosial.

F. Social interaction. Untuk dapat melakukan interaksi sosial dengan teman sejawat, atau dengan masyarakat lokal yang dikunjungi.
Romance. Keinginan untuk bertemu dengan orang-orang yang bisa memberikan suasana romantis.

G. Educational Opportunity, Keinginan untuk melihat sesuatu yang baru, mempelajari orang lain dan/atau daerah lain, atau mengetahui kebudayaan etnis lain. Ini merupakan pendorong yang dominan di dalam pariwisata.

H.Self-Fulfilment. keinginan untuk menemukan diri sendiri (self-discovery), karena diri sendiri biasanya bisa ditemukan pada saat kita menemukan daerah orang yang baru. ish

I. Wish - Fulfilment. Keinginanuntuk merealisasikan mimpi-mimpi yang lama di cita-citakan, sampai mengorbankan diri dengan cara berhemat, agar bisa melakukan perjalanan. Hal ini juga sangat jelas dalam perjalanan wisata religius, sebagai bagian dari keinginan atau dorongan yang kuat dari dalam diri.

Untuk​Pulau Timor, Kota So'E dan seluruh TTS adalah destinasi wisata yang paling menarik dan paling bisa menjawab alasan - alasan wisata di atas. Kota SoE memang sangat dingin, karena berada 900 meter di atas permukaan laut, suhu paling dingin dapat terjadi pada bulan Mei-Juli. Jika kita berkunjung pada bulan Mei-Juli tersebut, maka anda akan menikmati suasana dingin ekstrim. Suhu terdingin yang pernah terjadi adalah​ 12 derajat celsius dan rata rata suhu pada bulan Mei-Juli adalah 16 derajat celsius. Iklim di SoE sangat dipengaruhi Australia yang jaraknya lebih dekat dibanding ke Jakarta. berikut ini tangkapan kamera suasana dingin di kota SoE :

Sumber : akun Facebook Richard Davis DETHAN

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Sumber : akun Faceboo Richard Davis DETHAN

Selain suasana dingin di kota SoE, ada juga beberapa tempat wisata yang sayang kalau tidak dikunjungi saat berada di kota SoE, seperti :

1. Taman wisata Bu'at

Taman ini adalah Program dari Gubernur Eltari, yang memerintah Nusa Tenggara Timur pada periode 1966 hingga tahun 1978. Program dengan jargon "TANAM SEKALI LAGI TANAM" direspon oleh Bupati Kabupaten Daerah Tingkat II TTS dan Dinas Kehutanan nya, berupa Taman wisata Bu'at. Ini adalah tangkapan kamera saat Gubernur El Tari meresmikan taman wisata Bu'at tersebut.sekaligus saya menjawab tulisan dari wartawan media cetak Kupang yang menulis tentang Taman wisata Bu'at bahwa Bu'at dikreasi oleh Bupati TTS Piet A.Tallo

Sumber : akun Facebook​ Richard Davis DETHAN

Gerbang taman wisata Bu'at


Kolam Buaya Bu'at


Inside Bu'at


Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa Taman wisata Bu'at tidak terawat. Saat anda memasuki taman ini anda akan disuguhkan pemandangan tidak terawat tersebut.

Kondisi kekinian pintu gerbang Bu'at buatan Pemerintah setelah jaman Gubernur El Tari dan dibiarkan tidak terawat sampai tulisan ini dibuat.

Dokumen pribadi

Selain pintu juga alat permainan dan jalan dalam taman serta kondisi Fila juga tidak terawat.

2. Air Terjun Oehala


Air terjun Oehala berjarak 10 km arah utara kota Soe dan dapat ditempuh ± 15 menit dengan menggunakan mobil rental, angkutan pedesaan maupun motor ojek dengan harga yang terjangkau. Air Terjun Oehala telah menarik program MTMA TransTv


Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani


Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

3.Air Terjun berbentuk Hati di Noelaku


Air terjun berbentuk Hati di Noelaku berjarak 10 Km ke arah utara kota Soe dan dapat ditempuh ± 15 menit dengan menggunakan mobil rental, angkutan pedesaan maupun motor ojek dengan harga yang terjangkau.

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

4. Tebing Tinggi Noinbila

Lokasi tebing Tinggi Noinbila juga searah dengan air terjun noelaku. Jarak dari Kota So'E kurang lebih 10 KM ke arah utara. Noinbila dan Noelaku adalah efek dari fenomena Selfi dan wefi. Beberapa tangkapan kamera termasuk pada acara Indonesia punya cerita TransTV

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

5.air terjun sembunyi Noinbila.

Masih disekitar Desa Noinbila.

6. Air Terjun Oenaek Benlutu

Lokasi berjarak 10 KM kearah timur kota SoE.



7. Benteng None Tetaf

Lokasi sekitar 17 Km kearah timur kota SoE. Tempat ini merupakan wisata budaya dan sejarah. perkampungan adat masyarakat adat None, yang dihuni oleh marga Tauho. Di tempat ini anda bisa menyaksikan Rumah-rumah adat orang Timor berupa Ume Kbubu (Rumah Bulat) dan Lopo.
Benteng Pertahanan Masyarakat Adat None pada jaman dahulu melawan musuh dan penjajah. Benteng tersebut terbuat dari batu-batu alam dan sejenis tanaman berduri (Naus) yang ditanam berjejer sepanjang 1 km, sementara pada sisi yang lain, terdapat jurang yang sangat terjal sehingga musuh sangat sulit sampai ke perkampungan mereka.


Sumber :tourismntt

Pesona benteng None telah mempesona program Idenesia MetroTv.


Sumber : akun Facebook Elghyzel Glenn Ndjukambani

Demikian 7 Destinasi wisata di kota SoE dan sekitarnya. Semoga bermanfaat....





Comments