UNIK …… BERANI TAMPIL BEDA

UNIK …… BERANI TAMPIL BEDA

Roma 12:2 “ Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubalah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: Apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

(DIKUTIP DARI BUKU 50 TAHUN PELAYANAN PENDETA J.S DETHAN, S.Th)

Tuhan Yesus adalah pribadi yang unik. Dia tiba-tiba hadir di tengah tengah kerumunan massa yang sedang menghadiri pelayanan Yohanes Pembaptis yang fenomenal. Tuhan Yesus menjadi seorang guru atau Rabbi tanpa bergabung dengan sekte Farisi ataupun Saduki. Terkenal sebagai seorang guru yang dekat dengan orang berdosa seperti pemungut cukai dan pelacur yang sangat dibenci oleh para rohaniawan pada waktu itu. Memecahkan hubungan yang hancur antara orang Isarel dan orang Samaria melalui diskusi dengan Perempuan di perigi Yakub. Percakapan yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh seorang Rabbi. Tuhan Yesus juga menyampakian perkataan yang sangat terus terang dan jujur kepada para pembencinya (haters) seperti kaum farisi dan kaum Saduki. Hal yang sama juga disampaikan kepada yang mau menjadi pengikutNya tetapi masih berdalih untuk menguburkan orang tunnya, pernyataan “biarlah orang mati menguburkan orang mati” merupakan pernyataan kejujuran yang sangat unik. Keunikan Tuhan Yesus saat itu telah mengubah dunia sampai saaat ini.

Pelayanan saya di kota SoE dan sekitarnya juga unik. Saya merintis sebuah gereja yang sangat berbeda dengan gereja gereja yang ada. Mengajarkan ibadah orang dewasa dengan bertepuk tangan, diiringi gitar dan Juk (okulele) serta diperbolehkan menari sopan di dalam ibadah, pada hal ibadah dengan pola tersebut hanya dilakukan di Sekolah Minggu. Menganjurkan jemaat hidup sehat dengan tidak kecanduan sirih dan pinang dan Rokok, pada hal kecanduan sirih pinang sudah merupakan adat dan kecanduan rokok diperbolehlan oleh Hamba Tuhan karena mereka juga merokok. Menganjurkan agar tidak ada kata dan kalimat makian keluar dari mulut orang yang mengaku percaya kepada Tuhan Yesus, pada hal makian adalah wajar di SoE. Apalagi saat saya mengajarkan tentang Baptisan Tuhan Yesus, Baptisan Selam dan melaksakan sakramen Baptisan di Kali Oenasi. Wah………………. Luar biasa atmosfir warga kepada saya saat itu. Satu yang pasti saya melawan arus dan stigma saya adalah “SESAT”. Tetapi dengan mengetahui tentang kondisi Tuhan Yesus dengan pelayananNya yang unik mendorong saya untuk lebih bersemangat.

Kita boleh mengikuti arus perkembangan zaman modern ini tetapi patokannya hanya satu apakah sesuai dengan kebenaran Alkitab atau tidak?, banyak perkembangan saat ini yang bermanfaat bagi Iman Kristen tetapi lebih banyak lagi perkembangan arus yang justru menentangnya. Kita mengenal sistim pemilu sekarang ini dengan suara terbanyak sebagai pemenang, tetapi suara terbanyak belum tentu benar. Suara terbanyak rakyatlah yang berteriak “Salibkan Yesus dan bebaskan Barabas”. Untuk itu, kita harus tetap berpegang pada Kebenaran Tuhan Yesus bukan arus tradisi terbanyak yang dilakukan oleh masyarakat kita.
Kita harus tetap menjadi unik sama seperiti Tuhan Yesus yang unik. Unik karena mengatakan tidak kepada Korupsi saat sekekeling kita korupsi, unik karena mengatakan tidak kepada perselingkuhan saat sekeliling kita menganggapnya wajar di era ponsel ini, unik mengatakan tidak bahwa orang Kristen tidak boleh berdoa, yang berdoa hanya pendeta, unik karena mengatakan keselamatan dalam Tuhan Yesus akan hilang jika kita memelihara dosa, unik karena mengatakan tidak kepada dosa saat semua orang menganggap sepele tentang dosa karena Tuhan sangat membenci Dosa
.


. Tuhan Memberkati kita!

Comments